Berita Palembang

Command Center Wujudkan Sumsel Jadi Smart Province, Pantau Sumsel Cukup Lewat HP

Apalagi SCC dilengkapi dengan teknologi canggih, yang merupakan salah satu trobosan membanggkan.

Command Center Wujudkan Sumsel Jadi Smart Province, Pantau Sumsel Cukup Lewat HP
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Gubernur Sumsel, Alex Noerdin saat meresmikan Sumsel Command Center 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin mengapresiasi kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumsel atas hadirnya pembangunan Sumsel Command Center (SCC) yang terbilang cepat hanya enam bulan saja.

Apalagi SCC dilengkapi dengan teknologi canggih, yang merupakan salah satu trobosan membanggkan.

Baca: Dovizioso Pimpin FP1 MotoGP San Marino, Ungguli Waktu Cal Crutchlow dan Maverick Vinales  

"Dengan adanya Sumsel Command Center bisa menjadikan provinsi ini cukup dalam gengaman. Artinya bisa dipantau melalui handphone ataupun bisa teleconference antar daerah," ujarnya, Jumat (7/9/2018)

Lebih lanjut Alex mengatakan, saat ini SCC baru ada di tiga kabupaten/kota yaitu Palembang, Muba dan Banyuasin. Target kedepan jangkaunya bisa ke 17 Kabupaten/Kota yang ada di Sumsel.

Baca: Alex Noerdin Nyaleg DPR RI, Golkar PD Raih Suara Signifikan Pada Pileg 2019

"Jadi kedepan itu diharapakan seluruh kabupaten/kota itu bisa diinput melalui SCC ini, sehingga bisa terpantau. Ini salah satu langkah untuk memudahkan pemimpin kepala daerah di suatu provinsi, memantau kinerja setiap OPD di daerah," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumsel, Inanda Karina Astari Fatma sebagai inisiator SCC mengatakan, SCC merupakan langkah awal mewujudkan Sumsel sebagai Smart Province. SCC untuk mengantisipasi perkembangan yang begitu pesat di masa mendatang.

Baca: Video Rupiah Melemah Buat Tempat Penukaran Uang Jadi Sepi

Di tahap pertama SCC ini mampu mengintegrasikan CCTV Pemprov Sumsel dan website seluruh OPD di Sumsel.

"Nantinya lewat SCC dapat memantau OPD yang ada dilingkungan Pemprov Sumsel ini hanya genggaman. Kemudian juga bisa memantau kinerja setiap OPD sehingg tidak perlu lagi ke masing-masing OPD, bahkan seluruh kegiatan OPD akan terakses melalui website. Untuk itu diimbau kepada seluruh OPD itu website yamg ada harus terus update agar bisa terpantau di SCC ini," jelasnya

Baca: Kesal Motornya yang di Tarik Tak Ada di Kantor Leasing, Pria Ini Nekat Coba Bakar Karyawan Leasing

Inanda menjelaskan, untuk saat ini CCTV yang terintegrasi dengan SCC Diskominfo ada 36 CCTV, sementara untuk pelayanan publik, OPD dilingkungan Pemprov itu ada ratusan CCTV yang selalu terpantau diruangan SCC.

"Jumlah ini belum seluruhnya CCTV yang berada di layanan publik, pasalnya kami terkendala CCTV yang ada itu terkadang tidak aktif, oleh sebab itu kami akan terus memperbaharuhinya agar semua itu bisa terintegrasi di SCC ini," katanya.

Baca: Rugikan Perusahaan Hingga Rp 20 Jutaan, Pekerja Perusahaan Leasing di OI Ini Dibekuk Petugas

Sebelumnya, SCC sudah di uji coba saat pelaksanaan Asian Games 2018 di setiap venue-venue yang ada di Jakabaring Sport City (JSC).

"kedepan harapannya tentu SCC terus berkembang dan dilengkapi dengan teknologi terkini dan terlengkap yang didukung SDM yang handal,"'tutupnya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help