Siapkan 7 Ribu Sertifikat BPN Lahat Terkendala SHM

Tak kurang 7 ribu sertifikat tanah disiapkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Lahat, dalam program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap

Siapkan 7 Ribu Sertifikat BPN Lahat Terkendala SHM
SRIPOKU.COM/CR22
Pihak BPN Lahat tengah mendata masyarakat yang mengajukan syarat PTSL 

Laporan wartawan Sripoku. Com Ehdi Amin

SRIPOKU. COM, LAHAT - Tak kurang 7 ribu sertifikat tanah disiapkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Lahat, dalam program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) untuk warga empat kecamatan di kabupaten Lahat. Sayangnya, banyak warga diempat kecamatan tersebut tidak melangkapi persyaratan yang ada untuk mengikuti program yang diberikan gratis tersebut.

Hal tersebut seperti diungkapkan Kepala BPN Lahat, Ir Romanus Noor Widarto. Diungkapkannya empat kecamatan yang mendapatkan jatah PTSL yakni warga
Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Tanjung Sakti Pumu, Kecamatan Mulak, dan Kecamatan Gumay Ulu. Kuota yang disediakan sendiri sebanyak 7 ribu sertifikat tanah.

"Program PTSL sendiri gratis. Namun tetap ada syaratnya untuk bisa mendapatkanya. Nah, kendalanya setelah program ini diluncurkan banyak warga yang tidak melengkapi persyarakat seperti tidak memiliki Surat Hak Milik (SHM) atas tanah. Sehingga jadi kendala pihak BPN Lahat untuk menerbitkannya,"terangnya, Rabu (5/9).

Dikatakan Romanus, menurut data yang masuk kepihaknya 90 persen masyarakat empat kecamatan tersebut tidak mempunyai surat tanah atau bukti kepemilikan atas hak tanah. Kendala lain, walau sudah dilakukan jemput bola dan terus melakukan sosialisasi sampai saat ini pihaknya baru menerbitkan sebanyak 1.700 sertifikat.

"Kita juga terkendala sulitnya menemui masyarakat saat melakukan pendataan. Masyarakat kita di empat kecamatan ini mayoritas petani. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu di kebun. Jadi waktunya selalu tidak pas. Kita akan terus terjun ke lokasi, agar program ini sukses, "tuturnya. ( Cr22 )

sriwijayapost
instagram.com/sriwijayapost
Penulis: Ehdi Amin
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved