Berita Palembang

Ditarget Selesai Desember, Pengerjaan Musi VI Masih Terkendala Pembebasan Lahan

Mega proyek jembatan Musi VI yang menghubungkan Seberang Ulu dan Ilir hingga kini pembangunannya masih terkendala pembebasan lahan

Ditarget Selesai Desember, Pengerjaan Musi VI Masih Terkendala Pembebasan Lahan
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Progres pemancangan PII Jembatan Musi VI di Seberang Ulu Palembang, Senin (3/9/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Mega proyek jembatan Musi VI yang menghubungkan Seberang Ulu dan Ilir hingga kini pembangunannya masih terkendala pembebasan lahan antara pemerintah dan masyarakat.

Kendati demikian, pembangunan jembatan tetap dilanjutkan mengerjakan bagian yang bisa dikerjakan demi mengebut target selesai hingga akhir tahun 2018.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Musi VI, Fauzi mengatakan untuk pengerjaan jembatan pihaknya
tengah fokus mengerjakan pemancangan pilar 11 dan pengerjaan abudmen.

Untuk progres sendiri saat ini baru 70,56 persen. Progres ini mengalami deviasi 2.05 persen dari target semestinya yaitu 72.61 persen. Hal tersebut dikarenkan kendala pembebasan lahan yang hingga saat ini masih mengalami kendala.

"Sekarang fokus pengerjaan dibagian Seberang Ulu, karena dibagian Seberang Ulu pembebasan lahannya tinggal beberapa persil lagi," ujarnya, Senin (3/9/2018).

Progres pembangunan Jembatan Musi VI yang sedang dalam pengerjaan, Selasa (7/8/2018).
Progres pembangunan Jembatan Musi VI yang sedang dalam pengerjaan, Selasa (7/8/2018). (SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH)

Baca: Pasca Selesainya Asian Games 2018, Kompleks JSC Palembang Bakal Dibanjiri Event Internasional

Baca: Tak Terekspose, 7 Alumni Pencarian Ajang Berbakat Ini Ternyata Telah Tiada, No 3 Karena Dibunuh!

Untuk di Seberang Ulu pengerjaannya akan dilanjutkan pemancangan P11, setelah itu nantinya akan lanjut abudmen satu dan dua baru ke jalan pendekat. Namun untuk jalan pendekat ini lahanya masih belum bebas. Harapanya setelah pengerjaan P11 dan abudmen lahanya sudah selesai, sehingga bisa dilanjutkan pengerjaannya.

Sedangkan untuk di Seberang Ilir masih ada sebagian rumah yang belum dibebaskan. Namun nantinya saat pembangunan P2 akan dibuatkan jalan alternatif, karena jalan yang ada akan ditutup pakai seng selama pengerjaan. Namun ini belum karena masih fokus Seberang Ulu.

"Kalau di Sebarang Ilir itu masih panjang prosesnya, karena masih ada rumah yang bermasalah dalam hal pembebasannya," tegas dia.

 Sementara untuk Seberang Ilir ini yang belum dikerjakan Pilar I, 2 dan 3. Untuk rumah yang bermasalah berada di P3, sehingga untuk P3 ini tentunya membutuhkan waktu yang agak lama. Setelah itu dilanjutkan P2 dan P1 baru jalan pendekatnya.

"Kontrak kita habis tahun ini, yang jelas kita berusaha maksimal dulu. Target kita Desember ini jembatan Musi VI selesai," jelasnya. (*)

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help