Berita Lahat

DLH Pemkab Lahat Langsung Babat Habis Tumpukan Sampah di Jalan Lingkar Desa Manggul

Meski jauh dari pemukiman dan tidak masuk dalam wilayah angkut sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Lahat, Minggu (2/9/2018) membabat habis

DLH Pemkab Lahat Langsung Babat Habis Tumpukan Sampah di Jalan Lingkar Desa Manggul
ISTIMEWA
Petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Lahat saat membersihkan sampah yang dibuang sembarang di jalan lingkar, Lahat. 

Laporan wartawan Sripoku.com Ehdi Amin

SRIPOKU. COM, LAHAT-- Meski jauh dari pemukiman dan tidak masuk dalam wilayah angkut sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Lahat, Minggu (2/9/2018) membabat habis (membersihkan, red) sampah yang menumpuk di sepanjang di jalan Lingkar Desa Manggul, kecamatan Lahat  yang terhubung dengan Kelurahan Pagar Agung, tersebut.

DLH lahat sendiri mengerahkan sejumlah petugas dan truk pengangkut untuk menyisir sampah yang ada di jalan lintas bagi angkutan dan bertonase bus kota dalam provinsi tersebut.

"Sudah kami bersihkan sampah di jalan lingkar. Lokasi tersebut jauh dari pemukiman, "sampai Kabid LB3 Lahat, Budi Utama, melalui pesat watshapp.

Budi sendiri tampak mengapresiasi pemberitaan sebelumnya yang dimuat di Sripoku.com beberapa waktu lalu, terkait keberadaan sampah di jalan lingkat tersebut.

Kendati dirinya sendiri khawatir pemberitaan tersebut akan berpengaruh pada penialain adipura yang kini sedang berlangsung. Dilanjutkan Budi, setelah disisir dan dibersihkan rak kurang satu dum truk sampah berhasil mereka angkut.

Petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Lahat saat membersihkan sampah yang dibuang sembarang di jalan lingkar, Lahat.
Petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Lahat saat membersihkan sampah yang dibuang sembarang di jalan lingkar, Lahat. (ISTIMEWA)

Baca: Sriwijaya FC Masih Pertimbangkan Tantangan Laga Ujicoba Kontra Madura United

Baca: Cuma Diberikan Waktu 3 Jam di Palembang, Ratna Sarumpaet: Salah Saya Apa, Saya Kriminal?

Di sisi lain, ditegaskan Budi pihaknya sendiri mengimbau kepada warga agar tidak lagi membuang sampah di sepanjang jalan lingkar namun, dibuang ke lokasi yang sudah disediakan pemerintah yang ada di kelurahan.

Selain itu, dirinya berharap ada sinergi dari pihak kelurahan. "Ya untuk mengantisipasi selain kita akan buat surat edaran kepada kelurahan untuk bisa imbau warganya. Dan kepada warga untuk tidak mengulanginya sebab ada sanksi bagi warga yanv tertangkap membuang sampah sembarangan sesuai yang tertuang di Perda Pemprov Sumsel, "tegas Budi.

Sebelumnya, Jumat (31/8/2018) diberitakan upaya Pemkab Lahat, mewujudkan Kota Lahat bersih, rapi, indah dan bebas dari sampah tampaknya tak mendapat dukungan sebagaian warga. Lebih lagi, saat ini Kabupaten berjuluk Bumi Seganti Setungguan ini didaulat menjadi contoh bagi kabupaten lain dalam hal penangan sampah.

Namun, jika melihat tumpukkan sampah yang dibuang sembarang oleh warga di jalan Lingkar Desa Manggul, kecamatan Lahat, menjadi ironi atas penunjukkan tersebut.

Di lokasi tampak menumpuk sampah berbagai jenis di jalan lingkar yang menjadi jalan utama angkutan antar kota dalam provinsi tersebut. Bahkan, sampah sudah memenuhi badan jalan. Tak bisa dipastikan siapa yang membuang sampah di lokasi tersebut.

Apalagi, lokasinya sepi dan jauh dari pemukiman warga. Lokasi smpah sendiri masuk ke wilayah kelurahan Pagar Agung, Lahat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lahat, Misri, melalui Kabid LB3 Lahat, Budi Utama menyayangkan banyaknya sampah di sepanjang jalan lingkar tersebut.

Tak hanya itu, ia juga menyayangkan kurangnya kesadaran warga sehingga sampah dibuang sembarangan. Dikatakan Budi, lokasi tersebut tidak masuk jalur angkut sampah sehingga selama ini pihaknya tidak terpantau.(*)

Penulis: Ehdi Amin
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help