Advertorial

Panen Jagung dengan Alsintan di Desa Mitra SMK PP Negeri Sembawa

Sebanyak 59 siswa SMK PP Negeri Sembawa melaksanakan panen Jagung di lahan kelompok tani Sumber Jaya menggunakan alat combine harvester.

Panen Jagung dengan Alsintan di Desa Mitra SMK PP Negeri Sembawa
Dok Pribadi SMK PP Negeri Sembawa
Kerjasama Desa Mitra SMK PP Negeri Sembawa dalam Rangka Regenerasi Petani 

SRIPOKU.COM, BANYUASIN -- Pengembangan Desa Mitra menjadi salah satu program SMK PP Negeri Sembawa yang bertujuan untuk mewujudkan regenerasi petani.

Setidaknya ada lima kelompok tani binaan yang dalam program tersebut, salah satunya adalah kelompok tani Sumber Jaya di Desa Banyu Urip Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin.

Bersama kelompok tani Sumber Jaya di Desa Banyu Urip, SMK PP Negeri Sembawa melakukan budidaya tanaman jagung varietas BISI 18 yang dilaksanakan setelah panen padi.

Kepala SMK PP Negeri Sembawa, Ir Mattobi’i MP mengatakan jika Desa Banyu Urip adalah daerah pasang surut sehingga memungkinkan untuk melakukan budidaya tanaman jagung pada musim kemarau.

“Setiap anggota kelompok tani rata-rata memiliki luas lahan 2 hektare pada budidaya jagung, kegiatan budidaya dimulai pada Juni 2018. Proses yang dilakukan diantaranya penyiapan lahan, penanaman benih jagung, pemupukan, pemeliharaan, pemberantasan hama dan penyakit tanaman, panen dan pasca panen,” kata Mattobi’i.

Menurut Mattobi’i sebagai tindak lanjut kerjasama Desa Mitra Kamis (30/8/2018) kemarin dari pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB dilaksanakan praktik siswa SMK PP Negeri Sembawa.

Kerjasama Desa Mitra SMK PP Negeri Sembawa dalam Rangka Regenerasi Petani
Kerjasama Desa Mitra SMK PP Negeri Sembawa dalam Rangka Regenerasi Petani (Dok Pribadi SMK PP Negeri Sembawa)

Sebanyak 59 siswa melaksanakan panen Jagung di lahan kelompok tani Sumber Jaya menggunakan alat combine harvester.

Diantaranya 29 siswa kelas XI APHP dan 30 siswa kelas XI ATPH 2.

Pihak sekolah sengaja mengajak siswa untuk panen jagung, bertujuan untuk menambah pengetahuan siswa tentang budidaya tanaman jagung dan membandingkan pengetahuan yang didapat di sekolah pada dunia nyata.

Modernisasi pertanian berupa penggunaan alat-alat mesin pertanian di era sekarang sudah tidak terelakan lagi.

Halaman
123
Editor: Tresia Silviana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved