Berita Ogan Ilir

Sosialisasikan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi, Pemkab OI Datangi Warga di Pelosok Desa

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ogan Ilir (OI) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus mendatangi Desa-desa

Sosialisasikan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi, Pemkab OI Datangi Warga di Pelosok Desa
Dok.SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Ratusan warga antre hendak membuat KTP-El dalam program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) di asrama haji Palembang, Jumat (13/7/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Beri Supriyadi

SRIPOKU.COM, INDRALAYA -- Dalam rangka mensosialisasikan Gerakan Indonesia Sadar Administarsi Kependudukan (GISA), Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ogan Ilir (OI) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus mendatangi Desa-desa yang berada dipelosok Kecamatan "Caram Seguguk".

Kali ini, Rabu - Kamis (29/8) Kepala Dinas Dukcapil OI Akhmad Lutfi beserta jajarannya melakukan sosialisasi dengan masyarakat di Kecamatan Payaraman.

Kepala Dinas Dukcapil OI Akhmad Lutfi menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan upaya untuk bisa membuat masyarakat sadar akan administrasi kependudukan.

"Mendagri pada Februari 2018 telah mencanangkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan atau GISA dan Sumsel mencanangkan beberapa bulan lalu. Setelah dicanangkan di Provinsi, maka kabupaten-kota segera menindaklanjuti GISA dengan langkah konkrit," ujarnya.

Adapun dokumen administrasi kependudukan yang dimaksud lanjut Kadisdukcapil OI antara lain yakni mencakupi KK, KIA, KTP, dan Akta Kelahiran.

Ia menambahkan bahwa saat ini tidak ada lagi alasan warga masyarakat Kabupaten OI untuk tidak melakukan rekam e-KTP.

"Pasalnya selain dilakukan di Dinas, perekaman sudah bisa dilakukan di masing-masing Kecamatan di Ogan Ilir," jelasnya.

Pihaknya pun meminta agar warga segera melaporkan peristiwa penting seperti kematian, perkawinan, perceraian, dan peristiwa penting lainnya untuk mendapatkan akta pencatatan sipil.

"Segera laporkan bila terjadi perubahan data kependudukan untuk mendapatkan perubahan KK dan KTP," ujar Kadisdukcapil Pemda Kabupaten OI.

Penulis: Beri Supriyadi
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved