Asian Games 2018

Pengusaha Money Changer di Palembang Ketiban Untung, Transaksi Meningkat 50 Persen

Gelaran pesta olahraga terakbar Asian Games 2018 turut meningkatkan jumlah penukaran uang di beberapa kantor dagang valuta asing

Pengusaha Money Changer di Palembang Ketiban Untung, Transaksi Meningkat 50 Persen
Dok.SRIPOKU.COM/JATI PURWANTI
Salah Satu Pengunjung Mall Palembang Icon Melakukan Penukaran Dolar di Booth Money Changer milik PT Mekarindo Abadi Sentosa, Selasa (21/08/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Gelaran pesta olahraga terakbar Asian Games 2018 turut meningkatkan jumlah penukaran uang di beberapa kantor dagang valuta asing di Palembang hingga mencapai 50 persen.

Person In Charge PT. Mekarindo Abadi Sentosa (MAS) Cabang Palembang Rina Pancawati mengatakan atlet, official maupun wisatawan asing hanya melakukan pembelian mata uang rupiah menggunakan mata uang Negeri Paman Sam.

Baca: Wujudkan Kota Layak Anak di Mauraenim, Pemkab Lakukan Rapat Koordinasi

"Mereka membeli rupiah dengan dolar AS dan tidak menggunakan mata uang negara asalnya padahal kami menyediakan mata uang negara-negara di Asia seperti Yuan, Bath, ringgit dan lainnya," ujarnya, Kamis (30/08/2018).

Rina menambahkan meski terjadi peningkatan penukaran namun untuk jumlah nominal yang ditukar hanya berkisar di antara USD100 saja per penukar.

"Karena kami buka booth di Palembang Icon yang menjadi Official Mall  memang cukup tinggi permintaan pembelian rupiah namun nominal yang ditukar jumlahnya tidak besar," tambahnya.

Baca: Jadwal MotoGP Italia 2018 Sirkuit Misano dan Live Streaming Trans 7

Beda halnya dengan PT. Mekarindo Abadi Sentosa (MAS), Money Changed PT. Haji La Tunrung  yang hingga 13 hari perhelatan olahraga digelar masih belum mengalami peningkatan penukaran rupiah yang signifikan.

“Transaksi penjualan dan pembelian rupiah masih normal. Hal ini disebabkan karena memang jarak kantor kami dan GSJ atau hotel tempat menginap kontingen Asian Games memang jauh," kata Staff Pemasaran PT. Haji La Tunrung Money Changer Fera.

Baca: Beberapa Momen Langka dan Dramatis di Asian Games 2018

Sebagai informasi, Money Changer La Tunrung berada di Jl. R. Sukamto No.79 Kota Palembang yang akses menuju venue pertandingan di Gelora Sriwijaya Jakabaring cukup memakan waktu.

"Penukaran saat ini ramai untuk mata uang Arab Saudi yakni Riyal. Jemaah haji sudah ada yang pulang jadi yang menukar sudah mulai banyak" katanya.

Baca: 1.000 Kosakata Daerah di Sumsel Diusulkan Masuk KBBI

Sementara itu, dari pihak perbankan penukaran uang juga mengalami kenaikan seperti yang dialami Nobu National Bank yang berada di lantai 2  Palembang Icon Mall.

“Peningkatan lebih dirasakan pada penukaran mata uang AS yang mencapai lebih dari USD 3.000” kata Supervisor Operational Nobu Nationa Bank Palembang Icon Mall Johan.

Dilanjutkannya sejak tanggal 13 Agustus 2018 lalu hingga kini sudah ada sekitar 15 wisatawan asing mancanegara yang transaksi penukaran uang.

Baca: Riska Andriyani dan Nur Meni Sumbang Medali Perunggu Kano Sprint Asian Games 2018

RCEO Bank Mandiri Regional II/Sumatera 2 Aribowo melalui Regional Transaction & Consumer Head Brian A Nugroho mengungkapkan selama Asian Games pihaknya mencatatkan ada peningkatan permintaan pembelian rupiah oleh wisatawan asing namun tidak begitu tinggi.

"Penukaran rupiah tetap ada namun paling banyak hanya USD 200 untuk setiap penukar, karena memang biasanya wisatawan hanya menggunakan uang rupiah untuk makan di restoran dan membeli oleh-oleh khas Palembang." jelasnya.

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help