Penyu Zombie Ditemukan Terdampar di Pesisir Pantai Inggris

Setelah ‘benda’ tersebut mendekat, maka mereka akhirnya dapat mengetahui bahwa benda misterius tersebut ternyata adalah bangkai dari penyu belimbing

Penyu Zombie Ditemukan Terdampar di Pesisir Pantai Inggris
Foto: Dok. James Mustoe
Penyu Zombie (Foto: Dok. James Mustoe) 

SRIPOKU.COM - Penyu yang ada di pantai biasanya memiliki bentuk normal sehingga banyak orang yang menyukainya. Namun, baru-baru ini warga Inggris kaget karena menemukan penyu zombie.

Disebut dengan penyu zombie karena bentuk wajah dari penyu besar ini sangat menakutkan. Richard Pears dan James Mustoe sedang berjalan di tepi pantai bersama anak-anak James.

Mereka berencana mengamati satwa liar di pantai Polkerris di Cornwall, Inggris. Beberapa saat kemudian mereka mulai mengamati ada makhluk aneh yang bersembunyi di perairan.

Mereka ternyata menemukan penyu yang dalam kondisi menyeramkan. Tubuhnya mirip seperti zombie.
Tubuh penyu tersebut sudah sangat membusuk, bahkan bagian tengkoraknya sudah kelihatan. “Kami melihat ‘benda’ tersebut mengapung di air dari kejauhan dan kami tidak tahu apa itu,” kata Mustoe kepada IFLScience.

Penyu Zombie (Foto: Dok. James Mustoe)
Penyu Zombie (Foto: Dok. James Mustoe) ()

Setelah ‘benda’ tersebut mendekat, maka mereka akhirnya dapat mengetahui bahwa benda misterius tersebut ternyata adalah bangkai dari penyu belimbing atau leatherback turtle yang sudah membusuk.

“Saya terkejut, ini benar-benar mengejutkan,” kata Mustoe. “Ketika kami sadar apa itu, itu adalah hal yang sangat menyedihkan tapi melihat hal langka muncul dari lautan dalam keadaan seperti itu pasti merupakan sesuatu yang hanya terjadi sekali seumur hidup. Saya bilang pada anak-anak saya bahwa mereka bisa menceritakan hal ini pada cucu mereka di masa mendatang.”

Penyu tersebut digambarkan memiliki ukuran sebesar perahu kecil. Dari ukurannya, penyu ini diduga sudah mencapai usia 100 tahun ketika mati.
Penyu belimbing seringkali membuat sarang di pantai-pantai lautan tropis dan subtropis.

Selain itu, mereka juga bisa ditemukan di samudra-samudra besar, seperti Atlantik serta Pasifik Timur dan Barat.

Three Bays Wildlife Group, organisasi yang meneliti penyu zombie ini mengatakan bahwa penyu ini mungkin mati ketika dalam perjalanan.

''Mereka melakukan perjalanan di sisi timur Atlantik melewati Inggris,'' kata seorang peneliti dalam sebuah pernyataan.

Halaman
12
Penulis: Budi Darmawan
Editor: Budi Darmawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved