2 Kesenian Arab Saudi yang Tersebar ke Berbagai Negara

Daratan Timur Tengah tak terkecuali Arab Saudi memang memiliki ragam kebudayaan yang kental. Dari berbagai kebudayaannya, ada dua yang

2 Kesenian Arab Saudi yang Tersebar ke Berbagai Negara
ISTIMEWA
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Daratan Timur Tengah tak terkecuali Arab Saudi memang memiliki ragam kebudayaan yang kental. Dari berbagai kebudayaannya, ada dua yang disebut paling populer di dunia internasional.

Berita Lainnya:
136 Peserta Ikuti Lomba Penulisan Kaligrafi di Perhelatan MTQ Sumsel

1. Kaligrafi
"Kita pilih kaligrafi dan henna karena paling terkenal di negara-negara dunia, sudah tersebar dan diterima," terang Moudy Alsudairi, representatif Otoritas Budaya Umum Saudi pada KompasTravel, di acara Saudi House, Jakarta, Jumat (24/8/2018).

Ia mengatakan kaligrafi pada awalnya memang salah satu seni yang lahir dari pendokumentasian Al-Quran, setelah para penghafalnya meninggal di medan peperangan silam.

Salah satu stan kebudayaan mempraktikan pembuatan kaligrafi khas Arab Saudi gratis untuk pengunjung, di pameran kebudayaan Arab Saudi, Saudi House dalam rangka mengenalkan budaya selama Asian Games 2018, berlangsung di Resto Pulau Dua, Jakarta, Jumat (24/8/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA

Ia mangatakan Kaligrafi Arab merupakan esensi kunci dari seni Islam. Namun, dalam perkembangannya kini, seni menulis indah itu sudah diaplikasi tidak hanya untuk ayat suci Al-Quran, dan bahasa Arab.

"Sekarang kaligrafi tidak hanya Arab atau Al-Quran, tapi juga diadopsi dalam tulisan lain, seperti Yunani, Jepang dan lainnya" tutur Moudy.

Anda bisa melihat dan belajar proses kaligrafi dari seniman Arab Saudinya langsung, di paviliun kaligrafi Saudi House. Pengunjung juga bisa melukiskan nama sendiri dengan teknik kaligrafi di sana.

Halaman
123
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved