Berita Palembang

Sidalih Belum Selesai, KPU Palembang Sudah Tetapkan DPT. Begini Kata Disdukcapil Palembang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Palembang telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan digunakan

Sidalih Belum Selesai, KPU Palembang Sudah Tetapkan DPT. Begini Kata Disdukcapil Palembang
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Proses penghitungan suara Pada Pilkada Serentak beberapa waktu lalu di KPU Palembang. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Palembang telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan digunakan pada pemilu serentak Pemilu legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 dengan jumlah pemilih sebanyak 1.123.228, terdiri dari pemilih laki- laki sebanyak 555.848 pemilih dan 567.380 pemilih perempuan.

Meski Begitu, penetapan DPT itu sendiri sempat mendapat protes karena hasil pleno DPT ditingkat PPK se Palembang mayoritas tidak melalui Sistem data pemilih (Sidalih) yang ada di KPU dan cenderung manual.

Baca: Masuk di Pasar Indonesia, Ini Harga Resmi dan Daftar Spesifikasi Lengkap dari Oppo F9

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Santi Zahara menuturkan, sesuai data yang diterima pihaknya sementara ini dari KPU Palembang, DPT Kota Palembang mencapai 1.123.228 orang.

Ia mengatakan, data yang didapat tersebut dari KPU Pusat dan kembali dicocokkan dengan DP 4 atau mereka melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) kembali agar bisa digunakan.

Baca: Mengenal Lebih Dekat Kampung Al Munawar Palembang, Tidak Hanya Swafoto Bisa Juga Belajar Sejarah

"Setelah di Coklit dari KPU tugas kita mengecek data yang diperlukan atau permintaan dari KPU bener atau tidak penduduk kota Palembang."

"Secara administrasi bisa saja di cek dari data base. Jadi, kami menyandingkan data apabila ada permintaan dari KPU. Setelah kita cek dalam data base dan benar ada, maka warga tersebut bisa masuk dalam pemilih tambahan," ungkap Santi, Jumat (24/8/2018).

Baca: Hasil Pertandingan Babak Pertama Indonesia vs Uni Emirat Arab, Garuda Tertinggal 0-1

Ia mengatakan, sesuai data yang pihaknya berikan dengan Dirjen Adminduk per Agustus, kemungkinan kecil sedikit kesalahan, lantaran pelayanannya selalu update terbaru.

"KPU Pusat Bisa mendapatkan data Kota Palembang dari Dirjen Adminduk sebelum akan diserahkan ke KPU Kota Palembang," jelasnya.

Baca: Dikaitkan Dengan Kasus Richard Muljadi, Kuasa Hukum Tempo Group Beri Klarifikasi Berikut Ini

Ketua KPU Palembang Firamon Syakti menuturkan, bahwa pihaknya tetap melakukan penetapan, karena berdasarkan pasal 32 PKPU nomor 11 tahun 2018 tentang penyusunan daftar pemilih di dalam negeri dalam penyelenggaraan pemilu dan Surat Edaran KPU RI nomor:853/PL.02.1-SD/01/KPU/VIII/2018 pada 10 Agustus lalu, perihal penyusunan DPSHP akhir dan penetapan DPT, dimana sesuai tahapan berakhir pasa 21 Agustus lalu.

“Sidalih memang bermasalah, tapi kalau kami tidak menetapkan juga akan salah. Jadi ini buah simala kamah, tapi kita ingin menyakinkan data sebaik mungkin," kata Firamon.

Baca: Meski Gagal Raih Emas di Asian Games 2018, Atlet Anggar Hongkong Ini Bikin Momen Bersejarah

Menurutnya, KPU Palembang selama ini berkoordinasi dengan KPU RI, terkait upload data melalui Sidalih dan berdasarkan instruksi secara Whatsaapps (WA), pihaknya diinstruksikan untuk menjalankan sesuai tahapan, sambil melakukan perbaikan data pemilih melalui Sidalih.

Baca: BREAKING NEWS: Kebakaran di Kawasan Maskrebet Palembang, Warga Berjibaku Padamkan Api!

“Sesuai WA KPU RI, proses melalui sidalih bisa dilakukan hingga 28 Agustus. Jadi bagi PPK dan PPS yang berita acaranya belum sama dengan sidalih, mohon siselesaikan paling lambat 27 Agustus, karena 28 sudah final. Jumlah ini kemungkinan juga masih bisa bertambah bahkan berkurang," jelasnya.

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved