Berita Haji

Tiga Hati Hilang, Ternyata Jemaah Haji A Rivai Pingsan di Jalan

Jelang kepulangan jemaah haji dari Mina menuju Mekkah, jemaah Kloter 2 Palembang Ahmad Rivai yang hilang kini sudah pulang.

Tiga Hati Hilang, Ternyata Jemaah Haji A Rivai Pingsan di Jalan
SRIPOKU.COM/Slamet Hariono
Jemaha Haji Kloter 2 haru dengan ditemukan setelah ti hari terpisah dari rombongan. (sin) 

Laporam  Wartawan Sripoku.com, Muhammad Husin

SRIPOKU.COM, MINA --Jelang kepulangan jemaah haji dari Mina menuju Mekkah, jemaah Kloter 2 Palembang Ahmad Rivai yang hilang selama tiga hari di kawasan Jamarat, Kamis (23/8) akhirnya kembali ke
tenda di Mina, setelah petugas haji Indoneia menghubungi petugas Kloter. 

Ternyata, Ahmad Rivai mengalami dehidrasi saat melontar jumrah aqobah hingga menyebabkan warga Jalan Kebun Bunga ini jatuh pingsan.

Kembalinya A Rivai ke tenda, disambut suka cinta semua jemaah haji kloter 2. Dari ceritanya, tiga hari tidak kembali ke maktab ternyata, ia mengambil jalan yang salah.

Kontributor sripo Mina, Slamet Hariono, melaporkan, dari cerita Ahmad Rivai, bahwa beliau pada saat jalan melontar jumrah aqobah (pertama) ketiga pulang, diakuinya mengambil Jalan yang salah.

Namun dalam perjalanan itu, ia mengalami kekurangan air sehingga jatuh ke jalan dan pingsan.

Disisi lain, pada saat yang sama, istri Ahmad Rivai juga kehilangan jejak sehingga keduanya terpisah. Setelah lama pingsan di jalan, Ahmad Rivai ditemukan petugas kesehatan dari Arab Saudi dan dibawa ke rumah sakit untuk dirawat.

Selama perawatan di rumah sakit, belum ada ada yang menghubungi petugas kloter 2 sehingga petugas kloter 2 merasa kehilangan selama tiga hari.

"Setelah dua hari dirawat, Ahmad Rivai sudah sehat ,barulah dilaporkan ke TKHI tanggal 22 Agustus sore. Lalu keesokan harinya, Kamis (23/8), Ahmad Rivai diantar ke maktab 55," kata Slamet Hariono.
Dilaporkan juga, jemaah haji Kloter 2 sudah bergerak menuju kota Mekkah untuk melaksanakan thawaf haji dan sai, setelah itu melakukan tahallul. Dengan begitu, selesai sudah semua rangkarukun dan wajib haji.

Korban Gempa

MENGUMULKAN Jemaah haji Klo 14 membuka dan menghitungan yang diberikan wartawan.
MENGUMULKAN Jemaah haji Klo 14 membuka dan menghitungan yang diberikan wartawan. (sripo/yunus)

Sementara kontributor sripo di Kloter 14 Adrian Yunus melaporkan, selama berada di Arafah dan Mina, melakukan doa keselamatan untuk korban gempa di Lombok, NTB.

Bahkan inisiatif jemaah, mereka mengumpulkan sumbangan yang selanjutkan akan diserahkan ke Posko Lombok. "Total dana yang terkumpul sekitar Rp 14,8 juta ditambah 1.787 riyal.

Dana ini diperuntukan warga yang terkena bencana di Lombok," katanya.

Sementara jemaah haji Kloter 19, khususnya berasal dari KBIH Varita Pusri sudah kembali ke Mekkah dan istirahat di Hotel. Bahkan, jemaah haji sudah bersiap melakukan thawaf haji dan sai sekitar pukul 21.00 WAS. "Alhamdulillah, kami sudah kembali dari Mina. Semua jemaah sehat," kata Zainal, salah satu jemaah Varita
Pusri.  (sin)

Penulis: Husin
Editor: muhammad husin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved