Berita Palembang

Pernak-Pernik Kota Palembang Diburu Para Wisatawan

Berbagai macam pernak-pernik bertemakan ciri khas Kota Palembang coba ditampilkan untuk menarik minat para wisatawan.

Pernak-Pernik Kota Palembang Diburu Para Wisatawan
SRIPOKU.COM/RANGGA ERFIZAL
Lenggok, Pasar Pusat Oleh-Oleh Kota Palembang 

Laporan wartawan sripoku.com, Rangga Erfizal

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Dimulainya event olahraga Asian Games di Palembang dan Jakarta membuat para pengusaha dan pedagang berharap tuah event empat tahunan tersebut.

Berbagai macam pernak-pernik bertemakan ciri khas Kota Palembang coba ditampilkan untuk menarik minat para wisatawan, atlet dan para pendatang yang sedang berada di Kota Palembang.

Mulai dari makanan khas, gantungan kunci, kain songket, baju, hingga ragam oleh-oleh kecil lainnya coba dijual.

Yudi Supervisor pusat oleh-oleh Lenggok yang ditemui Sripo, Kamis (23/8) mengaku, dihari kelima event olahraga masyarakat Asia berlangsung, para pembeli didominasi oleh para wisatawan yang ingin membeli pernak pernik Kota Palembang, seperti baju, gantungan kunci, hingga oleh-oleh kecil lainnya.

"Kalau kita lihat beberapa hari ini pastinya para pembeli mancanegara lebih banyak membeli pernak pernik kecil, seperti baju bertuliskan Kota Palembang atau Ikon kota atau permak pernik kecil lainnya ketimbang membeli makanan khas Kota Palembang," ungkapnya.

Peningkatan pembeli pun belum terlalu dirasakan. Menurut Yudi, dihari kelima Asian Games, para pembeli memang cenderung naik namun belum terlalu signifikan.

"Dibandingkan hari biasa memang terjadi peningkatan walaupun belum begitu spesifik. Kita harap kenaikan konsumen yang berbelanja pada akhir event dibandingkan saat ini."

"Untuk gambaran, saat ini jumlah konsumen meningkat pada kisaran 10-15 persen," ungkapnya.

Menyambut Asian Games 2018, promosi terus dilakukan melalui media sosial dan media partner lainnya. Cara tersebut dianggap efektif oleh Yudi untuk menarik konsumen.

"Tidak ada promosi khusus, hanya kita kerja sama dengan agen travel yang membawa para wisatawan dan atlet untuk mampir ke sini. Ataupun juga melalui media sosial seperti, Instagram, Facebook."

"Untuk harga yang dijual pun sangat bervariasi. Baju Palembang dari harga Rp 60-90 ribu. Gantungan dan pernak pernik kecil lainnya sekitar Rp 10-50 ribu per satuannya," bebernya.

Sementara, dipusat oleh-oleh Pempek 26 Ilir Palembang nampak ramai dikunjungi oleh pembeli. Dari pantauan Sripoku.com, Para pembeli hingga hari ini kebanyakan, berasal dari pembeli lokal.

"Kemarin ada banyak wisatawan dari Malaysia, kalau yang bule belum banyak, baru 2-3 orang saja semenjak Asian Games berlangsung," ungkap Aprina salah satu pedagang di kawasan 26 Ilir Palembang.

Untuk diketahui, Event Asian Games sendiri akan berlangsung hingga tanggal 2 September mendatang. (mg2)

Penulis: Rangga Erfizal
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved