Berita Empatlawang

Kabupaten Empatlawang Masih Kekurangan Guru PNS di SD dan SMP Mencapai Seribu Orang

Sejumlah sekolah tingkat SD maupun SMP yang ada di kabupaten Empatlawang mengalami kekuarangan tenaga pengajar atau guru.

Kabupaten Empatlawang Masih Kekurangan Guru PNS di SD dan SMP Mencapai Seribu Orang
SRIPOKU.COM/AWIJAYA
Kepala Bidang pembinaan Ketenagaan, Disdik Empatlawang, Arbanu. 

Laporan wartawan sripoku.com, Awijaya

SRIPOKU. COM, EMPATLAWANG - Sejumlah sekolah tingkat SD maupun SMP yang ada di kabupaten Empatlawang mengalami kekuarangan tenaga pengajar atau guru yang berstatus Aparat Sipil Negara (ASN) .

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Dra Rita Purwaningsih MM melalui kepala Bidang pembinaan Ketenagaan, Arbanu, Kamis (23/8/2018)

Ia mencontohkan untuk guru SD, masih banyak mengalami kekurangan guru wali kelas, guru pendidikan Agama dan guru Pendidikan Olah Raga.

"Kalau jumlah guru SD berstatus PNS di Kabupaten Empatlawang sekarang ini berjumlah 946 orang," terang Arbanu.

Dengan jumlah tersebut masih sangat banyak kekurangan tenaga guru, untuk kecamatan Tebingtinggi kurang sebanyak 142 orang, Kecamatan Talangpadang kurang 53 orang, Kecamatan Pendopo kurang 118 orang , kecamatan Pendopobarat kurang 39 orang, Kecamatan Muarapinang 93 orang, Kecamatan Lintangkanan 102 orang, Kecamatan Ulumusi 67 orang, Kecamatan Sikap Dalam 32 orang ,dan Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) 90 orang serta Kecamatan saling 54 orang guru.

Sedangkan untuk guru SMP di Kabupaten Empatlawang kekurangan 422 guru.

Guru yang masih kurang meliputi guru Agama, PPKN, bahasa inggris, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya Mulok, Penjas Mulok dan guru bimbingan konsling (BK) dengan jumlah total guru ASN SMP saat ini baru 306 orang.

Arbanu juga menjelaskan setiap sekolah yang ada di Kabupaten Empatlawang SD maupun SMP yang mengalami kekurangan guru bisa menerima guru honorer.

Sedangkan untuk guru SMA, ia mengatakan itu tanggung jawab provinsi merekapun tidak begitu mengetahui kekurangan guru SMA di Empatlawang saat ini baik yang berstatus ASN maupun tenaga honorer

"Untuk guru honorer itu tergantung dengan kebutuhan sekolah masing-masing jadi kami Dinas Pendidikan tidak memegang data pasti tentang guru honorer sekabupaten Empatlawang, " katanya. (cr27)

Penulis: Awijaya
Editor: Tarso
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help