3 Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia, Ada Manten Sapi

Umat Muslim di Indonesia telah merayakan Idul Adha. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang memiliki penduduk Islam terbesar di dunia.

3 Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia, Ada Manten Sapi
http://berita.baca.co.id/
Tradisi Manten Sapi. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA – Hari Rabu (22/8/2018), umat Muslim di Indonesia merayakan Idul Adha. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang memiliki penduduk Islam terbesar di dunia.

Berita Lainnya:
Mengintip Tradisi Lebaran 5 Kota di Nusantara, No 5 Grebek Syawal

Perayaan Idul Adha diramaikan dengan tradisi menyembelih hewan qurban, setiap daerah merayakan dengan rangkaian acara yang lekat dengan nilai tradisi.

Berikut tiga tradisi unik jelang perayaan Idul Adha yang ada di Indonesia.

Grebeg gunungan hasil bumi oleh warga Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Sabtu (4/11/2017). (KOMPAS.com/IKA FITRIANA)

1. Grebeg Gunungan
Grebeg Gunungan berjalan turun-temurun di Keraton Yogyakarta, digelar sesaat menjelang Idul Adha. Tradisi ini digelar dengan membawa tiga buah gunungan berisi berbagai makanan diarak, dikawal oleh prajurit dan dua ekor kuda.

Gunungan ini akan diarak mulai dari halaman keraton melewati alun-alun utara menuju masjid. Setelah prosesi doa, warga yang hadir boleh mengambil isi gunungan yang dipercaya dapat mendatangkan berkah.

Ratusan warga Desa Mlilir, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan‎, Jawa Tengah, rela berdesak-desakan berebut gunungan dalam tradisi apitan yang digelar Sabtu (19/8/2017) siang. (KOMPAS.COM/PUTHUT DWI PUTRANTO)

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved