Berita Haji

Usai Melontar Jumrah, Jemaah Haji Tersesat Hingga 10 Jam

Usai istirahat satu jam pasca Mabit di Muzdalifah, jemaah haji Kloter 2 PLM sekitar pukul 01.00 WAS, Selasa (21/8)langsung melontar.

Usai Melontar Jumrah, Jemaah Haji Tersesat Hingga 10 Jam
SRIPOKU.COM/Slamet Hariono
MELONTAR -Jemaah haji Kloter 2 Palembang usai melontar jamarat, sebagian besar terpisah dari rombongan tersesat hingga 10 jam lebih. Bahkan dua jemaah belum ditemukan. 

Laporan Wartawan Sripoku. com, Muhammad Husin

MINA, SRIPO -Usai istirahat selama satu jam setelah Mabit (bermalam) di Muzdalifah, jemaah haji Kloter 2 Palembang sekitar pukul 01.00 Waktu Arab Saudi (WAS), Selasa (21/8) begitu berada Mina, langsung bergerak ke Jamarat melontar Jumratul Aqobah.

Namun sayangnya, 70 persen dari 450 jemaah haji kelompok ini usai melontar tersesat di jalan saat pulang menuju tenda Maktab.

Akibat kejadian itu, jemaah haji yang pulang ke maktab tidak berbarengan, bahkan hingga pukul 12.30 WAS masih ada jemaah haji yang tercecer di jalan, setelah 11 jam lamanya mencari jalan pulang ke tenda maktab, tetapi tak juga berhasil ditemukan.

Bahkan, salah satu jemaah haji bernama A Rivai dan Ilham (Kloter 2 PLM) asal KBIH Arrahmah sudah dua hari belum ditemukan.

Sementara seorang jemaah haji bernama Rosidi, berhasil ditemukan petugas haji Indonesia karena tersesat di kawasan Jamarat dan diantarkan pulang oleh Petugas Linjam (Perlindungan Jamaah) ke
Maktab 55.

Kontributor sripoku.com di Mina Slamet Hariono, Rabu (22/8) melaporkan, kondisi jemaah haji saat berada di Muzdalifah, sebagian besar sudah terlihat kelelahan dan banyak yang mengalami gangguan batuk dan sesak nafas karena di Musdalifah banyak debu.

Kondisi ini diperparah dengan kurangnya bus yang mengangkut rombongan jemaah haji ke Mina.

Kloter 2 ada yang berangkatkan ke Mina tepat pukul 24.00 WAS dan sesampai di Mina, semua jemaah langsung ke maktab dan diberikan waktu istirahat selama 30 menit. Setelah itu, jemaah harus bergerak je jamarat untuk melontar jumrah pertama mulai pukul 01.00 WAS.

Padahal, kondisi jemaah haji masih terlihat letih dan kondisi kurang istirahat.

Halaman
12
Penulis: Husin
Editor: muhammad husin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help