Berita Ogan Ilir

Asap Karhutla Halangi Pandangan Pengendara Tol Palindra

Asap putih pekat yang ditimbulkan dari kebakaran lahan yang melanda kawasan Desa Ibul Besar Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI)

Asap Karhutla Halangi Pandangan Pengendara Tol Palindra
SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI
Asap yang ditimbulkan dari kebakaran lahan yang melanda kawasan Desa Ibul Pemulutan sempat menyelimuti ruas tol Palindra dititik kilometer 10. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Beri Supriyadi

SRIPOKU.COM, INDRALAYA-- Asap putih pekat yang ditimbulkan dari kebakaran lahan yang melanda kawasan Desa Ibul Besar Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI), Rabu siang (22/8/2018), sempat menghalangi pandangan pengendara yang melintasi jalan tol Palembang-Indralaya (Palindra), tepatnya di titik kilometer 10 Pemulutan.

Di lokasi bertepatan dengan pelaksanaan hari raya Idul Adha, para pengendaraa roda empat yang kebetulan melintasi jalur tol Palindra sempat kaget dengan kondisi asap yang seketika menyelimuti ruas tol Palindra.

Seperti yang dikatakan Yadi (20) seorang pengendara yang baru pertama kali melintasi ruas tol Palindra dari gerbang tol Pegayut Palembang menuju ke gerbang tol Indralaya, dirinya sempat kaget sesaat memasuki kilometer ke sepuluh, tiba-tiba ada asap tebal menyelimuti ruas tol Palindra.

"Pandangan saya sempat terhalang asap. Semula saya melajukan kendaraan dengan kecepatan cukup tinggi. Sesampainya di titik kilometer ke-10 tiba-tiba ada asap pekat yang ditimbulkan dari lahan yang terbakar. Jadi, seketika saya langsung mengontrol dengan menurunkan kecepatan laju kendaraan Avanza yang saya kendalikan," tutur Yadi.

Asap yang ditimbulkan dari kebakaran lahan yang melanda kawasan Desa Ibul Pemulutan sempat menyelimuti ruas tol Palindra dititik kilometer 10.
Asap yang ditimbulkan dari kebakaran lahan yang melanda kawasan Desa Ibul Pemulutan sempat menyelimuti ruas tol Palindra dititik kilometer 10. (SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI)

Baca: Oknum Polisi Bawa Sabu-sabu Diamankan di OKU Bersama 2 Orang Warga Sipil

Baca: Daging Kurban Jadi Tahan Lama dan Aman Dikonsumsi, Perhatikan Hal-Hal Berikut

Hal senada juga dirasakan pengendara tol Palindra yang melaju dari gerbang tol Indralaya hendak menuju ke gerbang tol Palembang.

"Saya sempat kaget pak, tiba-tiba ada asap menyelimuti ruas tol Palindra dititik kilometer ke sepuluh," ujarnya. Ia mengaku biasa pulang pergi ke Palembang-Indralaya dengan melintasi ruas tol Palindra, pemandangan lahan yang terbakar disisi kiri dan kanan trotoar jalur tol Palindra menjadi hal yang biasa.

"Akan tetapi, kebakaran lahan yang terjadi hari ini cukup besar, sampai-sampai menyelimuti ruas jalan tol," ujar Beni seorang pengendara.

Pantauan Sripoku.com di lokasi, hingga menjelang sore hari bertepatan dengan pelaksanaan hari raya Idul Adha, belum diketahui pasti faktor penyebab terbakarnya lahan gambut seluas lebih kurang lima hektar tersebut.

Sejumlah petugas operasional tol Palindra dibuat sibuk akibat terjadinya kebakaran lahan tersebut. Didampingi sejumlah personel TNI, Manggala Agni, BPBD, mereka juga turut andil melakukan upaya pemadaman api Karhutla melalui jalur darat menggunakan peralatan seadanya.(*)

Penulis: Beri Supriyadi
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help