Berita Ogan Ilir

Masih Ditemukan Titik Api, TNI Sisir Lokasi Sisa Kebakaran Lahan di Pemulutan Ogan Ilir

Bencana kebakaran hutan kebun dan lahan (Karhutbunla) di kawasan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI), tepatnya di Desa Ibul Besar Satu

Masih Ditemukan Titik Api, TNI Sisir Lokasi Sisa Kebakaran Lahan di Pemulutan Ogan Ilir
SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI
Sejumlah personel TNI melakukam upaya pemadaman api yang membakar sisa lahan di kawasan Desa Ibul Besar Satu Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Beri Supriyadi

SRIPOKU.COM, INDRALAYA-- Bencana kebakaran hutan kebun dan lahan (Karhutbunla) di kawasan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI), tepatnya di Desa Ibul Besar Satu, yang berbatasan dengan wilayah Palembang masih terus terjadi.

Berdasarkan pantauan Sripoku.com, Minggu siang (20/8/2018) pukul 13.00 sejumlah personel TNI dari Satgas Karhutla Korem diback-up Koramil Kertapati Palembang menyisir sisa lokasi kebakaran lahan yang terjadi pada Jumat malam hingga Sabtu pagi (19/8/2018).

Hasilnya, petugas masih menemukan hotspot yang membakar lahan gambut kering di kawasan Desa Ibul Besar Pemulutan.

Belum diketahui pasti penyebab terbakarnya lahan tersebut. Lahan yang terbakar diperkirakan seluas lebih kurang lima hektar.

Sejumlah personel TNI melakukam upaya pemadaman api yang membakar sisa lahan di kawasan Desa Ibul Besar Satu Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir.
Sejumlah personel TNI melakukam upaya pemadaman api yang membakar sisa lahan di kawasan Desa Ibul Besar Satu Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir. (SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI)

Baca: Lahir Jelang Pembukaan Asian Games 2018, Bayi Perempuan Ini Diberi Nama Adibah Asian Games

Baca: Suhu Ekstrem Selimuti Palembang, Atlet Bertanding di Asian Games 2018 Diminta Waspada

Medan lokasi, membuat petugas di lapangan sempat kesulitan dalam melakukan upaya pemadaman ditambah lagi tidak tersedianya pasokan air. Api baru bisa dijinakkan setelah dipadamkan menggunakan ranting pohon yang ada di sekitar lokasi lahan yang terbakar.

Di lokasi, menurut seorang personel TNI Sersan Dua Darmaji mengatakan, bila api yang membakar lahan tersebut merupakan sisa dari kebakaran lahan yang terjadi pada dua hari yang lalu.

"Saat kita lakukan penyisiran sisa kebakaran lahan. Ternyata masih ditemukan asap yang ditimbulkan dari sisa kebakaran lahan dua hari lalu. Alhamdulillah api bisa dijinakkan dengan peralatan seadanya," kata Sersan Darmaji, Minggu (20/8/2018) di lokasi.

Ia menyatakan, sebelum dan sesudah pelaksanaan Asian Games 2018, pihaknya tetap siaga mengantisipasi dan mencegah jangan sampai terjadi kebakaran lahan.

"Segala upaya sudah kita lakukan, mulai dari giat patroli, dan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait," ujarnya.

Ia menambahkan, apabila lokasi kebakaran lahan sulit dijangkau jalur darat, pihaknya langsung menghubungi tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel untuk melakukan pemadaman melalui jalur udara (Water Bombing).(*)

Penulis: Beri Supriyadi
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved