News Video Sripo

Ini Dia Mobil Listrik Hidrogen Pertama di Indonesia

mobil listrik hidrogen pertama di Indonesia yang akan melayani tamu-tamu penting yang akan hadir dalam kegiatan ini.

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmad Zilhakim

SRIPOKUCOM, PALEMBANG -- Sebagai tuan rumah Asian Games 2018, Pemerintah Sumatera Selatan selain telah menyiapkan infrastruktur dan sarana prasarana event dengan baik, juga membuat kejutan lain yaitu menghadirkan mobil listrik hidrogen pertama di Indonesia yang akan melayani tamu-tamu penting yang akan hadir dalam kegiatan ini.

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin pun bahkan menyempatkan diri untuk menjajal langsung mobil listrik hidrogen yang rencananya akan dioperasikan di kawasan Jakabaring Sport City (JSC).

"Mobil ini akan melayani tamu-tamu yang hadir nanti pada ajang event terbesar Asian Games di Kota Palembang,” ujar Alex Noerdin, Jumat (17/8/2018)

Alex menjelaskan, Sebelumnya telah dilaksanakan peresmian kerjasama strategis antara Serba Dinamik Group dan Ecubes Arcola di London, 10 Agustus 2018 serta peluncuran program Hydrogen Zero Emission Mobility & Education Programme for Asian Games 2018 disertai dengan peluncuran Bus Listrik Hidrogen disaksikan oleh pejabat tinggi Pemerintah Inggris.

Dimana Mobil listrik hidrogen ini adalah mobil masa depan yang menggunakan bahan bakar hidrogen yang bersih tanpa emisi dan menjadi rencana utama energi alternativ ditengah semakin terbatasnya bahan bakar hidrokarbon seperti bensin dan diesel serta komitmen dunia untuk mengurangi polusi lingkungan.

Mobil ini pun berbeda dengan mobil listrik biasa yang harus memenuhi batereinya berjam-jam, maka mobil listrik hidrogen cukup beberapa menit saja untuk jarak tempuh kilometer yang sama. Mobil hidrogen ini akan didemonstrasikan selama Asian Games 2018 tanggal 18 Agustus – 2 September 2018.

"Mobil Ini merupakan persembahan Serba Dinamik Group sebagai sponsor utama dan perusahaan penyedia teknologi mobil listrik hidrogen, Ecubes Arcola kepada Pemerintah Sumatera Selatan dengan didukung penuh Pemerintah Inggris,"jelasnya

Alex juga menyatakan bahwa Sumatera Selatan sangat potensial untuk pengembangan energi terbarukan. Dalam 25 tahun kedepan, Sumatera Selatan akan menjadi pelopor energi terbarukan dengan menerapkan system transportasi yang ramah lingkungan tanpa emisi.

"ini akan menjamin udara yang bersih bagi masyarakat dan ketersediaan energi terbarukan yang memadai dan terjangkau. Program ini akan dimulai dengan menghadirkan mobil listrik hidrogen ini di Jakabaring Sport City dalam event Asian Games 2018 yang akan mendorong inisiatif serupa dalam rangka mewujudkan infrastruktur energi ramah lingkungan di kawasan yang lebih luas," ujarnya.

Sementara itu, Dato' Karim, CEO Grup Serba Dinamik mengatakan, Serba Dinamik senang dan mendukung program yang sangat penting ini, sehingga dapat membuka pintu bagi berbagai proyek energi ramah lingkungan di Indonesia dan khususnya Sumatera Selatan, serta mendidik para insinyur menerapkan teknologi hidrogen di masa depan. "Setelah berkomitmen untuk pengembangan dan mobilitas infrastruktur energi ramah lingkungan di tahun 2016, pemerintah Sumatera Selatan kini juga memainkan peran penting di kawasan ASEAN," jelasnya

Senada dengan Dato’ Karim, Nugroho Widiyantoro, Direktur PT Serba Dinamik Indonesia, menegaskan bahwa perusahaannya sangat mendukung visi Sumatera Selatan dalam mewujudkan program energi hijau dan ramah lingkungan serta siap berkolaborasi dengan penyedia teknologi terkemuka dunia termasuk dalam hal investasi, transfer teknologi dan implementasi program.

Selain itu Serba Dinamik telah mengadakan roadshow edukasi teknologi hidrogen dengan melibatkan Ecubes Arcola dan Imperial College London, salah satu universitas terbaik di dunia di bidang teknologi mobil listrik hidrogen.

"Program ini akan mengedukasi 1000 pelajar dan generasi muda Indonesia untuk membangun kesadaran tentang energi dan lingkungan bersih, merangsang inovasi dan khususnya memahami bagaimana cara kerja mobil listrik hidrogen ini sebagai salah satu inovasi kongkrit mewujudkan cita-cita tersebut," tutupnya.

Penulis: Rahmad Zilhakim
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved