News Video Sripo

Cabor Sepak Takraw Gunakan Teknologi Terbaru Challenge Video Sepeti di Piala Dunia

Selain itu, kata dato, Cabor Sepak Takraw juga akan menggunkan sistem Challenge dalam artian Teknologi VIAR dalam Cabor Sepakbola pada Piala Dunia

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan Riangga

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Presiden ASTAF (Federasi Sepak Takraw Asia), Dato Abdul Halim bin Kader mengklaim venue cabang olahraga sepak takraw di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang segera rampung diselesaikan sebelum dimulainya pertandingan Cabor Sepak Talraw.

Dimana, Cabor ini sempat dikhawatirkan ditunda menggelar pertandingan karena fasilitas belum terpenuhi.

Namun, Dato Halim memastikan hal tersebut tidaklah benar, lantaran menurutnya, Cabor Sepak Takraw bisa digunakan untuk latihan para atlet sebelum bertanding.

"Jangan khawatir, besok pagi sudah beres semua, bisa menggelar pertandingan 19 Agustus nanti. Sekarang saja sudah seratus persen," ungkap Dato, Kamis (16/8/2018).

Dia mengakui venue sepak takraw sempat bermasalah lantaran alat pendukung tertahan di Bea Cukai Jakarta selama dua pekan. Namun, hal itu wajar terjadi karena petugas harus memastikan barang yang masuk sesuai pesanan dan dilengkapi berkas.

"Memang jadi isu sensitif sejak beberapa hari ini, saya tahu masalah yang sedang terjadi. Tapi Bea Cukai harus memeriksa barang-barang itu dulu dan tadi pagi sudah tiba di Palembang dan langsung dipasang," ujarnya.

Sebelum pertandingan dimulai pada 19 Agustus 2018, pihaknya mempersilakan atlet dari negara peserta untuk melakukan uji coba lapangan.

Selain itu, kata dato, Cabor Sepak Takraw juga akan menggunkan sistem Challenge dalam artian Teknologi VIAR dalam Cabor Sepakbola yang diterapkan pada Piala Dunia Rusia bulan lalu.

video atau challenge akan digunakan kali pertama dalam Cabor Sepak Takraw ini, teknologi terbaru ini juga mengedepankan dan bisa melihat apakah bola tersebut melewati garis luar serta jaring pada pertandingan.

"Secara otomatis dapat memberikan pengesahan dan bantuan penilaian pengadil dilapangan, lantaran menggunakan banyak kamera untuk merakam pergerakan dari berbagai sudut," jelas Datok.

Cabor Sepak Takraw sendiri akan diikuti oleh Indonesia, Korea, Singapura, Malaysia, China, Jepang, Filipina, Laos, Thailand, Pakistan, Nepal, dan India.

"Saya kira besok siang atau malamnya sudah bisa dibuat latihan. Nanti kami atur jadwal setiap negara," jelasnya.

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help