Berita Palembang

Siswa SMPN 10 Palembang Belajar Simulasi Pemilu, Pilih Ketua Osis Lewat Surat Suara

Tentu saja pemilihan ketua OSIS yang terbilang unik ini dilakukan agar bisa memberikan edukasi mengenai demokrasi kepada siswa.

Siswa SMPN 10 Palembang Belajar Simulasi Pemilu, Pilih Ketua Osis Lewat Surat Suara
SRIPOKU.COM/YULIANI
Beberapa siswa SMPN 10 Palembang saat memberikan hak suaranya dalam pemilihan ketua OSIS, Kamis (16/8/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Ada yang berbeda di SMPN 10 Palembang, Kamis (16/8/2018).

Lapangan sekolah disulap penjadi ajang pesta demokrasi ala siswa. Tentu saja kegiatan yang pertama kali dilakukan sekolah tersebut mengundang decak kagum karena kreativitas siswa.

Baca: Pasangan yang Memiliki Wajah Mirip Akan Berjodoh? Inilah Penjelasan Ilmiahnya

Lihat saja deretan kotak suara termasuk bilik tempat pencoblosan disusun dengan rapi. Bahkan kertas suara pun terpampang foto keempat kandidat pasangan calon ketua osis SMPN 10 Palembang.

Belum lagi ada tinta biru yang disediakan tanda usai mencoblos. Suasana dirancang sedemikian rupa agar mirip Pemilu sungguhan.

Baca: Sumsel Expo 2018 Ajang Promosi Produk Lokal Nusantara, Mulai dari Kopi hingga LRT

Tak hanya itu, para petugas KPPS yang merupakan siswa ini juga dengan sigap mengatur seluruh siswa yang mendapatkan hak pilih.

"Sebelum pemilihan ini para calon ketua OSIS terlebih dahulu memaparkan visi misinya. Ada juga kampanye dan diseleksi layaknya Pilkada. Intinya semua proses kita setting mendekati proses pemilu," ujar kepala SMPN 10 Palembang,Tony Sidabutar, MPd.

Baca: Pengelola JSC Akui Masih Ada Beberapa Kendala di Hari Pertama Sterilisasi Kendaraan

Tentu saja pemilihan ketua OSIS yang terbilang unik ini dilakukan agar bisa memberikan edukasi mengenai demokrasi kepada siswa.

"Memang mereka masih lama bisa dapat hak pilih karena belum 17 tahun. Tapi apabila sudah saatnya nanti mereka akan mengerti dan bisa berani," jelasnya.

Baca: Bungkam Maladewa 6-0 Timnas Sepakbola Wanita Indonesia Pemuncak Klasemen Grup A Sementara

Pihaknya juga mengajarkan pentingnya memilih dan tidak golput. Total ada 1.111 siswa yang memilih ditambah guru dan pegawai.

"Penjaringan emlat palon ketua OSIS ini tidak sembarangan atau main tunjuk. Mereka diharapkan jujur dan adil sehingga mampu membawa teman-temannya sesuai dengan visi dan misi," jelasnya.

Penulis: Yuliani
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help