Berita OKU

281 Narapidana Baturaja Diusulkan Dapat Remisi Umum HUT ke-73 RI

Sebanyak 281 Narapidana (Napi) Rutan Baturaja diajukan untuk dapat Remisi pada HUT ke-73 RI Tahun 2018 . Pengajuan dilakukan ke Kantor Wilayah

281 Narapidana Baturaja Diusulkan Dapat Remisi Umum HUT ke-73 RI
SRIPOKU.COM/LENI JUWITA
Kepala Rutan Baturaja Herdianto Amd IP SH MSi. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Leni Juwita

SRIPOKU.COM.BATURAJA-- Sebanyak  281  Narapidana (Napi) Rutan Baturaja diajukan untuk dapat Remisi pada HUT ke-73 RI Tahun 2018. Pengajuan dilakukan ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumsel di Palembang.

Hal itu dikatakan Kepala Rutan Baturaja Herdianto Amd IP SH MSi kepada Sripoku.com Kamis (16/8/2018).  “Proses pengajuan remisi diajukan melalui sistem daring atau online.” Terang  Herdianto seraya menambahkan pihaknya tinggal menunggu  persetujuan  dan keputusan dari Kantor Wilayah.

Pengajuan Remisi itu kita usulkan sejak tanggal 1 Agustus 2018 lalu (H-16—Red) . "Disetujui atau tidaknya itu nanti Kanwil Kemenkum HAM yang memberikan keputusan," terang Karutan Baturaja.  

Untuk nama warga binaan yang diusulkan mendapat remisi di hari  Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2018  sudah dikirimkan  ke Kantor Wilayah. Nama-nama narapidana yang diajukan mendapat remisi  tersebut dikirim menggunakan Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) secara online. Sistim online ini  sudah  diakui sangat cepat, akurat dan  langsung bisa dicek secara online.

Lebih jauh Herdianto menjelaskan, persyaratan untuk diajukan mendapat remisi meliputi warga binaan  yang sudah memenuhi  persyaratan seperti berkelakuan baik dan sudah menjalani masa  hukuman minimal selama 6 bulan.  Masa hukuman batas minimal tersebut sudah mencukupi untuk diusulkan menerima remisi hari  Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73.

Baca:

Live Streaming Siaran Langsung Sepakbola Wanita Timnas Indonesia vs Maladewa Asian Games 2018

16 Tahun Berlalu, Begini Penampilan Bintang Utama Film Spider-Man Setelah Termakan Usia

Sedangkan  perolehan remisi bagi narapidana yang sudah memenuhi syarat mulai dari 1 bulan  hingga 5 bulan. Adapun WBP yang mendapat Remisi 1 bulan sebanyak  (93 orang). Kemudian 2 bulan  ( 65 orang),  3 bulan  ( 83 orang). Kemudian remisi 4 bulan ( 29 orang ), remisi 5 bulan  (9 orang). Remisi  kemudian untuk RU II atau yang langsung bebas diusulkan ( 2 orang).

Ditegaskan Kepala Rutan Baturaja,  dari 28 warga binaan yang  usulkan semua sudah memenuhi persyaratan dan sudah  terpenuhi secara aturan seperti  sudah menjalankan (masa hukuman) 6 bulan, berkelakuan baik dan tidak terkena register F (Pelanggaran Tata Tertib) . 

Remisi diberikan kepada narapidana yang sudah memiliki putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap dan bukan kepada tahanan (termasuk bukan kepada terpidana mati dan seumur hidup).

Selain itu juga dengan memperhatikan kelakuan baik si narapidana selama menjalani masa pidana sampai batas waktu pengajuan remisi, jika tidak ada pelanggaran tata tertib maka narapidana bersangkutan akan diusulkan remisi yang merupakan hak narapidana tersebut. (*)

Penulis: Leni Juwita
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help