Hari Gerakan Pramuka 14 Agustus 2018

Memahami Gerakan Pramuka Dalam Penguatan Moral

Diusianya mencapai 57 tahun Gerakan Pramuka --setengah abad lebih, lembaga ini masih tetap eksis, konsisten dalam i pembinaan generasi muda

Memahami Gerakan Pramuka Dalam Penguatan Moral
ist
Gusjandjara Arni

Hari Gerakan Pramuka 14 Agustus 2018
Memahami Gerakan Pramuka Dalam Penguatan Moral

Oleh : Gusjandjara Arni
Pelatih Gerakan Pramuka Sumsel

Diusianya mencapai 57 tahun Gerakan Pramuka (GP) setengah abad lebih lembaga ini masih tetap eksis, konsisten dalam konteksnya bagi pembinaan generasi muda di tengah gonjang ganjing keprihatinan dekadensi merosotnya moral anak bangsa.
Berkaitan dengan itu bermuculanlah organisasi kepemudaan yang berorientasi menimalisasi prahara tersebut.

Dalam nawaitu yang sama ingin menyelamatkan bangsa ini dari tergesurnya penerus bangsa yang cendrung berprilaku tak bermartabat.

Aroma keprihatinan itu sudah terendus oleh Presiden Soekarno kala itu, tepatnya tanggal 9 Maret 1961.

Sang Proklamator ini mengumpulkan para tokoh berbagai kepanduan yang ada ditanah air.

Pada tahun 1961 tersebut terdapat 100 anggota kepanduan yang tergabung dalam tiga organisasi Ikatan Pandu Indonesia (IPINDO) beranggotakan kepanduan putra, Persatuan Pandu Putri Indonesia (POPPINDO) dan Persatuan Kepanduan Putri Indonesia (PKPI).

Perpecahan yang terjadi ini menjadikan kepanduan Indonesia semakin terpuruk, dari 100 organisasi yang ada hanya tinggal 60 organisasi kepanduan yang tergabung dalam Persatuan Kepanduan Indonesia (Perkindo).

Perpecahan ini terjadi semata karena sebahagian organisasi telah menyimpang dari tujuan semula yang semata-mata memperjuangkan persatuan Indonesia dan beralih pada kepentingan Partai Politik dan organisasi masyarakat --mendukung dan melatar belakangi gerakan kepanduan itu.

Akibatnya, tak jarang gerakan kepanduan itu menjadi gerakan pionir muda yang mengedepankan ajaran-ajaran komunis seperti yang terjadi di negara komunis.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved