Berita Palembang

Ada 5 Rumah Ibadah di Komplek JSC. Ketua PHDI Sumsel :Tanda Kerukunan Antar Umat Beragama

Untuk memudahkan para atlet, official dan delegasi Asian Games 2018 dalam menjalamlam ibadah. PT JSC dan Inasgoc telah menyediakan

Ada 5 Rumah Ibadah di Komplek JSC. Ketua PHDI Sumsel :Tanda Kerukunan Antar Umat Beragama
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Lima rumah ibadah berada satu wilayah di Komplek JSC Palembang. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Untuk memudahkan para atlet, official dan delegasi Asian Games 2018 dalam menjalamlam ibadah.

PT JSC dan Inasgoc telah menyediakan lima rumah ibadah di Komplek JSC Palembang.

Mulai dari rumah ibadah untuk umat Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha. Sedangkan untuk rumah ibadah Kong Hucu akan dibangun setelah Asian Games. 

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Sumsel, Surya IGB Negara menuturkan, Pure Khahyangan Swarya Dwipa ini dubuat di dalam satu komplek bersama 4 rumah ibadah lainnya didalam JSC, selain ada Gereja Katolik dan Protestan, Kelenteng serta Masjid bagi umat beragama Islam.

"Rumah ibadah ini dibuatnya serentak, kenapa dibuat dalam satu kawasan? ini menandakan kerukunan antar umat beragama di Sumsel," ungap Surya dibincangi, Rabu (15/8/2018).

Menurutnya, Pure Khahyang Swarna Dwipa ini yang kedua di Palembang setelah Pure Agung Sriwijaya dibantu dari 200 personel untuk membangun serta melengkapi struktur sama seperti yang ada di Bali.

"Pure ini dalam tahap finishing dan malam ini(Rabu-red) akan diadakan seperti syukuran rumah ibdah sebelum digunakan atau dalam bahasa Hindhu Upacara Mecaru dan Pemelaspas," ujarnya.

Setelah Asian Games, lanjut Surya, Pure ini juga tetap bisa digunakan bagi masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah.

"Kita membuat Pure ini tidak asal-asalan, meskipun rencana awal tidak menggunakan atap, namun tetap kita buatkan agar menjaga kenyamanan serta kepentingan atlet untuk menjalankan ibadah selama Asian Games," jelasnya.

Tempat yang sama, Fasilitator Gereja Protestan, Lumban Gaol menuturkan, untuk Gereja Protestan serta Katolik sendiri mulai hari Minggu besok telah bisa digunakan, lantaran malam ini akan diadakan seperti upacara sebelum rumah ibadah digunakan.

"Nanti malam akan kita adakan acara Pentafpisan sebelum Gereja bisa digunakan. Hari Minggu nanti semua atlet serta official dari negara peserta Asian Games sudah bisa menggunakannya untuk beribadah," jelasnya.

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved