Berita Musi Banyuasin

23 Desa di Muba Laksanakan Pilkades Serentak pada November Mendatang

abisnya masa jabatan 23 kepala desa yang berada di Kabupaten Musi Banyuasin, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) bakal

23 Desa di Muba Laksanakan Pilkades Serentak pada November Mendatang
ISTIMEWA
Ilustrasi Pilkades 

Laporan wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU-- Habisnya masa jabatan 23 kepala desa yang berada di Kabupaten Musi Banyuasin, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) bakal menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Pilkades yang bakal dilaksanakan di 23 desa yang terbersar di 10 Kecamatan akan dilaksanakan pada 11 November secara serentak.

“Ya, tahun ini akan kita laksanakan Pilkades di 23 Desa yang berada pada 10 kecamatan di Muba. Pilkades serentak ini akan menggunakan sistem manual yakni dengan pemilihan langsung atau mencoblos langsung ke TPS," kata Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muba, Sahidi, saat dibincangi di kantornya, Rabu (15/8/2018).

Lanjutnya, setiap desa yang menyelenggarakan Pilkades maksimal calon yang mengikuti pemilihan yakni lima orang. Dimana, sebelum maju setiap calon harus memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditetapkan sesuai ketentuan, diantaranya syarat administrasi, kesehatan dan lainnya.

“Setiap calon kades harus mengikuti tes narkoba langsung di BNN, lalu tes psikologi dan tes kesehatan di RSUD Sekayu. Khusus untuk administrasi, seperti pemeriksaan ijazah kita melibatkan Disdikbud agar dilakukan penelitian keabsahan ijazah, kita juga menegaskan jika kades yang terindikasi menggunakan narkoba tidak akan lolos,”ungkapnya.

Baca: Tak Perlu Screenshot atau Blokir, Whatsapp Rilis Fitur Baru Simpan Bukti Pesan Tak Pantas di WA

Baca: Subangkit Tak Mau Lagi Bawa Bio Paulin Baik Latihan Maupun Laga Tandang

Mengenai soal ijazah para calon Kades akan dilakukan pemeriksaan secara ketat, hal ini lantaran untuk menghindari adanya indikasi ijazah palsu. 

Hal tersebut dilakukan pada sebelumnya terdapat Kades yang ketahuan menggunakan ijazah palsu yang mana kades minimal pendidikan calon Kades yakni SMP. 

“Tahapan akan mulai dilaksanakan pada 16 Oktober. Saat ini kita sudah membentuk panitia pemilihan di desa yang menyelenggarakan Pilkades," jelasnya. 

Adapun desa yang melaksanakan Pilkades yakni Desa Ulak Paceh Kecamatan Lawang Wetan, Desa Mulya Agung, Jaya Agung, Galih Sari, dan Madya Mulya Kecamatan Lalan, Desa Suka Maju dan Sumber Rejeki Kecamatan Plakat Tinggi, Desa Wonorejo dan Lubuk Harjo Kecamatan Bayung Lencir, Desa Sidomulyo dan Sinar Tungkal Kecamatan Tungkal Jaya, Desa Sridamai Kecamatan Keluang dan Desa Macang Sakti Kecamatan Sanga Desa.

Kemudian, Desa Mekarsari dan Sri Damai Kecamatan Keluang, Desa Sinar Jaya, Talang Simpang, Bangkit Jaya dan Jirak Kecamatan Jirak Jaya, Desa Nusa Serasan dan Suka Damai Baru Kecamatan Sungai Lilin, Desa Supat Timur, Seratus Lapan, Babat Ramba Jaya Kecamatan Babat Supat. (*)

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved