Berita OKU Selatan

Lama Terbengkalai, Lapangan Terbang Banding Agung OKU Selatan Segera Direvitalisasi

Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan untuk merevitalisasi lapangan terbang Banding Agung, mendapat respon positif.

Lama Terbengkalai, Lapangan Terbang Banding Agung OKU Selatan Segera Direvitalisasi
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Lokasi saat ini lapter yang berada di Desa Aik Rupik Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Senin (13/8/2018). 

SRIPOKU.COM, MUARADUA--Upaya pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan untuk merevitalisasi lapangan terbang Banding Agung, mendapat respon positif dari kementrian dari Kemenhub RI.

Saat ini secara bertahap Dinas Perhubungan (Dishub) yang diprakarsai oleh Pemerintah Kabupaten OKU Selatan sedang melengkapi berbagai dokumen persyaratan yang diawali sejak tahun 2017 lalu, revitalisasi tengah menjadi bahasan penting di pusat.

Tahap demi tahap upaya revitalisasi yang dilakukan pemerintah untuk kembali mengaktifkan lapter yang bertujuan menunjang transportasi udara baru-baru ini menimbulkan angin segar setelah beberapa tahap dokumen syarat telah disetujui seperti aset lahan lapangan terbang telah bersertifikat Basan Pertanahan Nasional (BPN).

Dalam survey study kelayakan bandara oleh tim direktorat bandara udara Kemenhub RI pun telah menetapkan bahwa lapter yang akan direvitalisasi layak sebagai bandara komersil.

Baru-baru ini untuk kesiapan demi percepatan proses revitalisasi Pemkab OKU Selatan telah mewacanakan penyusunan master planning terkait kondisi Bandara Banding Agung untuk kedepannya.

“Saat ini kita terus berupaya melengkapi persyaratan untuk tahap berikutnya, kita juga mengharapkan dukungan dari semua pihak, untuk kelancarannya.”kata Kepala Dinas Perhubungan OKU Selatan, Amroelian Thoni, S.STP.

Sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang membidangi melalui Komisi V menerima permohonan dukungan untuk pembangunan Bandara yang menjadi pembahasan di tingkat nasional.

Komisi V DPR RI turun langsung ke OKU Selatan guna mendiskusikan rencana pembangunan dan pengaktifan kembali bandara yang ada di Desa Air Rupik Kecamatan Banding Agung tersebut.

"Proses pembangunan dan pengaktifan ini bukan hanya masalah teknis akan tetapi, perlu juga dukungan secara politis dari lembaga DPR RI. Hanna Gayatri, angggota Komisi V DPR RI.kata Dia, Jumat (10/8/2018).

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, Popo Ali MB Commerce, tak bisa menyembunyikan kebahagiannya atas respon Komisi V DPRI RI terhadap usulan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten OKU Selatan.

"Pembangunan dan pengaktifan kembali bandara ini bertujuan untuk turut mendongkrak perekonomian OKU Selatan, terutama dari sektor pariwisata dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar," Ujar Popo

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: Candra Okta Della
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved