Berita Haji

Jauh-jauh dari Palembang, jemaah haji Lihat Langsung Pemotongan Hewan Dam Nusuq

Jemaah haji asal Palembang melihat dari dekat proses penyembelihan hewan dam Nusuq di Mekkah.

Jauh-jauh dari Palembang, jemaah haji Lihat Langsung Pemotongan Hewan Dam Nusuq
sripo/yunus
JEMAAH HAJI --Jemaah haji Kloter 14 Palembang melihat langsung proses penyembelihan hewan dam nusuq di Mekkah. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Muhammad Husin

MEKKAH, SRIPOKU.COM -Jauh-jauh dari Palembang datang ke Arab Saudi, tidak melihat lokasi penyembelihan hewan dam (denda) nusuq, dianggap sia©sia oleh Tjek Ateh, jemaah haji KBIH IGM tergabung di Kloter 14 Palembang.

Untuk itu, ia memilih turun dari bus dan melihat proses penyembelihan kambing di Almaslakh Almuaishim An
Numudzajy, kendati harus menahan aroma tidak sedap.

Sebagaimana diketahui jamaah haji Indonesia melakukan haji tamattu, yaitu mendahulukan ibadah umroh, setelah itu baru mengerjakan haji. Oleh karenanya diwajibkan membayar dam (denda) nusuq berupa 1ekor kambing, senilai Rp 400-500 riyal.

Laporan kontributor sripo di Mekkah, Adrian Yunus, Minggu (12/8) menyebutkan, jemaah KBIH IGM Palembang langsung mengunjungi ke tempat penyembelihan hewan qurban yang berjarak 7 km dari kota
Mekkah.

Salah satunya, Tjek Ateh Ahmad yang yang memilih melihat sendiri di tempat penyembilahan hewan qurban. Sementara jemaah  haji lainnya, lebih memilih bertahap di dalam bus karena tidak tahan dengan baru.

Pasalnya, di tempat itu ribuan ekor kambing disembelih.

"Datang jauh jauh dari palembang, saya penasaran seperti apa bentuk kambing disini. Begitu dilihat, ternyata besar besar," ujarnya.

Proses penyembelihan hewan qurban disaksikan langsung oleh jemaah haji, terlebih dahulu disebutkan nama jamaah yg terkena dam (denda) barulah kemudian hewan qurban disembelih dan dagingnya didistribusikan kepada kaum fakir miskin, yang berada di negara seperti Afrika dan negara©negara muslim lainnya di dunia.

Bahkan, salah seorang petugas yang bekerja di tempat penyembelihan mengatakan, pembayaran bisa dilakukan di Kantor Pos Arab Saudi atau Bank bank yg ditunjuk oleh pemerintah arab saudi seperti Bank Al©Rajhi dengan besaran dam 500 Riyal.

Halaman
12
Penulis: Husin
Editor: muhammad husin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help