Berita Muba

Peduli Lingkungan, Sekayu Gowes Club Muba Pungut Sampah di Pantai Bongen  

Bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar dilakukan secara sukarela oleh clun sepeda Sekayu Gowes Comunity (SGC),

Peduli Lingkungan, Sekayu Gowes Club Muba Pungut Sampah di Pantai Bongen   
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
Sejumlah anggota SGC dan Dinas Kebersihan ketika memungut sampah di Sungai Musi. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

 SRIPOKU.COM, SEKAYU -- Bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar dilakukan secara sukarela oleh clun sepeda Sekayu Gowes Comunity (SGC), dimana club sepeda terbesar satu-satunya di Kabupaten Muba ini melakukan aksi pungut sampah. Aksi pungut sampah tersebut dilakukan di Sungai Musi atau pantai bongen oleh ratusan anggota SGC, Jumat (10/8/18).

Dari pantauan dilapangan, sejumlah anggota SGC yang masih memakai perlatan bersepeda turun langsung ke Pantai Bongen dengan membawa karung untuk memungut sampah. Bertumpuknya sampah di Pantai Bongen tersebut setelah menjadi kunjungan masyrakat setiap sore dan tentunya meninggalkan sisa sampah makanan.

Baca: Dihadang Rekor Apik Madura United, Sriwijaya FC Makin Bernafsu Buru Poin

Ketua SGC Muba, Jhoni Aking, mengatakan aksi sosial yang dilakukan oleh anggota SGC  sejak satu minggu terakhir ini, karena melihat Sungai Musi penuh dengan sampah akibat rekreasi masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan yang dilakukan ini untuk menjaga lingkungan dan ekosistem pantai karena sebentar lagi air akan kembali naik.

“Setiap anggota kita bekali dengan kantong bekas tepung terigu dan sarung tangan, kegiatan ini setelah anggota melakukan Gowes barukah mereka kesini. Setiap pagi dan sore anggota melakukan kegiatan ini,”kata Jhoni.

Baca: Soal Revitalisasi, Warga Penghuni Rusun Ilir Barat Hanya Dapat Informasi dari Obrolan Tetangga

Lanjutnya, aksi pungut sampah ini akan terus pihaknya lakukan sampai sampah-sampah yang ada berhasil dipungut semua. Tidak hanya itu saja, setelah melakukan aksi pungut sampah pihaknya juga kembali mengkampanyeka gerakan Go Green dengan bersepeda. 

“Tema Go Green saat ini sedang di kampanyekan oleh pemerintah, jadi kita SGC turut berperan dengan mengajak masyarakat untuk bersepeda. Sejauh ini anggota kita sudah mencapai ratusan dan terus bertambah,”jelasnya.

Baca: Joko Siswanto Menilai Penolakan MK Atas Perselisihan Pilkada Serentak di Sumsel Hal yang Biasa

Sementara, Ian salah satu anggota SGC menyebutkan bahwa aksi pungut sampah bersama ini telah dilakukan sejak satu minggu terakhir. SGC dibantu petugas kebersihan setidaknya telah berhasil memungut 172 Kilogram sampah organik dan non organik.

“Para anggota semangat untuk menjaga lingkungan sekitar dengan memungut sampah, kita juga menghimbau agar masyarakat yang ke pantai bongen tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu petugas Dinas terkait ada baiknya menyiapkan tempat sampah agar masyarakat tidak membuang sampah sembaragan,”ungkapnya. 

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help