Berita Palembang

Kasus 8 Tersangka Pemasok Sabu Jaringan Internasional Asal Jatim Dilimpahkan ke Kejari Sumsel

Penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel melimpahkan delapan tersangka pemasok sabu jaringan internasional

Kasus 8 Tersangka Pemasok Sabu Jaringan Internasional Asal Jatim Dilimpahkan ke Kejari Sumsel
SRIPOKU.COM/WELLY HADINATA
Leto Cs tahanan narkoba yang menjalani pemeriksaan petugas sebelum dilimpahkan ke penyidik jaksa di Ditres Narkoba Polda Sumsel Jalan Jenderal Sudirman KM 4 Palembang, Jumat (10/8/2018). 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Welly Hadinata

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel melimpahkan delapan tersangka pemasok sabu jaringan internasional asal Jawa Timur kepada penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel, Jumat (10/8/2018).

Kedelapan tersangka yakni M Nazar Samsu alias Leto, Trinil Sirna Prahara alias Kebo, Kurniawan Subagio alias Ini, Andik hermanto, Muhammad Hasanudin alias Bopak alias Sabuk, Cantran Susanto, Frandika, dan Fais Rahman.

Baca: Tak Ingin Dimadu, 6 Artis Ini Lebih Memilih Berpisah Dibanding Diduakan Suami

Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Sumsel AKBP Amazona Pelamonia mengatakan, berkas dan barang bukti kedelapan tersangka sudah lengkap.

Sehingga mereka melakukan pelimpahan (P21) tahap dua kepada Kejati.

Amazona menjelaskan, para tersangka ini disangkakan atas dua tindak pidana yakni tindak pidana penyalahgunaan narkoba yang diatur dalam UU nomor 35 tahun 2009 serta tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang diatur dalam UU nomor 8 tahun 2010.

Baca: Antispasi Kemacetan Saat Sumsel Expo 2018, Dishub Diminta Siapkan Kantong Parkir

Keterlibatan Leto Cs dalam peredaran narkoba antarprovinsi yang dikontrol dari Surabaya, Jawa Timur terungkap saat petugas keamanan bandara menemukan paket besar narkoba 3,05 kilogram sabu dan 4.950 butir pil ekstasi yang dibungkus dalam kardus pempek di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, 22 Maret 2018 lalu.

"Terdapat identitas palsu pelaku yang ditemukan yang berdomisili di Gresik, Jawa Timur. Berbekal hal tersebut dan wajah pelaku yang terekamn di CCTV bandara, Ditres Narkoba Polda Sumsel pun mulai menyelidiki jaringan peredaran narkoba tersebut," ujarnya.

Baca: Arkeolog Inggris Prihatin Nasib Bukit Siguntang Tanah Suci Orang Melayu

Hingga akhirnya Polda Sumsel berhasil membekuk empat pelaku jaringan narkoba Leto Cs, 29 April 2018. Tiga diantaranya tewas karena berupaya melarikan diri saat dikejar petugas. Mereka adalah Michael Ramon Rimbing (30), Jonly Alvin Wowor (27), dan Erwin Oroh (26). Satu tersangka yang menyerahkan diri adalah Nurdiansyah (27).

Mereka diketahui berasal dari Jawa Timur, mengambil sabu di Aceh untuk diedarkan di Kendari, Sulawesi Tenggara dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan via Palembang.

Baca: Karyawati Cantik Ini Dilamar Kakek 66 Tahun, Bosnya Sendiri dengan Mahar Rp 1 Miliar

Halaman
12
Penulis: Welly Hadinata
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help