Berita Palembang

Dua Capres Umumkan Pasangannya. Ini Kata Pengamat di Palembang

KH Ma'ruf Amin adalah Ketua MUI juga Ulama Besar Kharismatik, memang pantas diposisikan sebagai Representasi Tokoh

Dua Capres Umumkan Pasangannya. Ini Kata Pengamat di Palembang
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Drs Bagindo Togar Butar Butar 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Sehari sebelum batas akhir pendaftaran kedua capres akhirnya mengumumkan nama pasangan calon Presiden RI periode 2019-2024 kepada masyarakat, yakni Paslon Presiden H Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dan H Prabowo Subianto-H Sandiaga Uno.

Paslon pertama yang didukung oleh 9 Parpol dan Paslon kedua didukung oleh 3 Parpol.

Ada sedikit kejutan politik dalam hal penentuan Calon Wakil Presiden dari para Paslon Presiden yakni munculnya nama KH Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno.

Baca: Suarakan 2019 Ganti Presiden, Cak Nur Bongkar Kelebihan & Kekurangan Sandiaga Uno, Cawapres Prabowo

Pengamat Sosial Politik Drs Bagindo Togar Butar Butar mengatakan bila acuannya beragam hasil survei, kedua tokoh calon Wapres tadi, tergolong sangat rendah popularitasnya bila dibandingkan tokoh tokoh masyarakat (politik) lainnya, tetapi dalam kajian politik tidak sepenuhnya menganut asas absoluistik.

"Banyak variabel yang mempengaruhi secara komprehensif, misal variabel persepsi, opini, komunikasi, momentum dan juga variabel logistik serta variabel lain lain yang terkait pertarungan kekuasaan (pemerintahan)," ungkap Bagindo kepada Sripoku.com, Jumat (10/8/2018).

Menurutnya, keputusan politik penting telah diambil dalam konteks periodisasi kepemimpinan nasional.

Baca: Gagal Jadi Cawapres Tepat di Hari Ulang Tahun yang ke 40, Ini Harapan Agus Yudhoyono

Selanjutnya bagaimana tantangan dan peluang Paslon Paslon Presiden di atas pada Pilpres April Tahun depan?

"Dipastikan pertimbangan utama Joko Widodo sebagai Petahana Presiden RI, menetapkan pilihannya terhadap KH.Ma'ruf Amin sebagai Calon Wakilnya, dikarenakan perkembangan politik identitas yang sedang menguat dalam tatanan sosial masyarakat kita, dimana ada 'Kekhawatiran' yang luar biasa dari Joko Widodo dan tokoh tokoh Parpol pengusungnya atas soliditas dukungan para ulama berikut massa yang berbasis keagamaan," urai Bagindo.

KH Ma'ruf Amin adalah Ketua MUI juga Ulama Besar Kharismatik, memang pantas diposisikan sebagai Representasi Tokoh/ Ulama dan Mayoritas masyarakat Indonesia yang beragama Islam, dianggap akan mampu mendulang suara maupun menjawab kepentingan atau aspirasi umat Islam secara khusus.

Halaman
12
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help