Berita Palembang

Dosen UIN Raden Fatah Perkenalkan Perpustakaan Sekolah Berbasis SLIMS

Sebagai salah satu perangkat vital dalam sistem pendidikan, perpustakaan sekolah dipandang perlu pemutakhiran konsep

Dosen UIN Raden Fatah Perkenalkan Perpustakaan Sekolah Berbasis SLIMS
SRIPOKU.COM/YULIANI
Suasana Bimbingan Teknis Otomasi Perpustakaan Berbasis SLIMS, Jumat (10/8/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Sebagai salah satu perangkat vital dalam sistem pendidikan, perpustakaan sekolah dipandang perlu pemutakhiran konsep agar bisa menunjang kegiatan pembelajaran.

Maka itulah para dosen yang tergabung di Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN raden Fatah mengadakan kegiatan berupa Bimbingan Teknis Otomasi Perpustakaan Berbasis SLIMS, Jumat (10/8/2018).

Tentu saja sasaran kali ini yakni SMAN 3 unggulan Kayuagung OKI. Kegiatan yang merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat kali ini mengambil tema Bimtek Otomasi Perpustakaan Berbasis SLIMS.

Baca: Atlet dan Delegasi Peserta Asian Games 2018 Berdatangan ke Jakabaring Sport City

Bety, M.Ag selaku Wakil Dekan 2 Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah menjelaskan, kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sebagai bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mana pada tahun ini Prodi Ilmu Perpustakaan melakukan bimtek bagi pengelola perpustakaan bagi 8 SMA/ SMK di Kabupaten OKI.

"Beberapa sekolah tersebut yakni SMAN 1 Kayuagung, SMAN 2 Kayuagung, SMAN 3 Unggulan Kayuagung, SMAN 4 Kayuagung, SMKN 1 Kayuagung, SMKN 2 Kayuagung, SMKN 3 Kayuagung dan SMKN 1 Lempuing Jaya OKI. Setiap sekolah mengutus 2 orang peserta sebagai pengelola perpustakaan," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Baca: Disrupsi Politik, Caleg Harus Gunakan Cara dan Norma Baru Jika Ingin Menang

Ia menegaskan, para dosen Prodi Ilmu Perpustakaan tersebut dapat langsung merasakan hal-hal yang penting yang perlu dikembangkan dalam proses perkuliahan agar sesuai dengan kebutuhan di masyarakat khususnya di dunia perpustakaan.

Selain dengan telah adanya MoA tersebut, kegiatan ini juga akan ditindaklanjuti dengan mengirim mahasiswa PKL ke perpustakaan-perpustakaan sebagai peserta tersebut.

Baca: Batal Pakai Stiker, Pekerja Instansi dan Mahasiswa Diminta Tunjukan ID Card Lewat Jalan Protokol

"Kegiatan tersebut dapat langsung diimplementasikan di perpustakaan-perpustakaan sekolah masing-masing. Tentu kepala sekolah harus mendukung program-program perpustakaan, khususnya pengelolaan perpustakaan harus menerapkan otomasi sebagai sebuah keharusan saat ini," ungkapnya.

Acara ini juga dibuka oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten OKI Drs. Iskandar ZA, M.Si. Ia berharap, pengelolaan perpustakaan khususnya perpustakaan SMA agar dikelolah dengan menerapkan teknologi informasi, mendekatkan informasi kepada masyarakat pembaca (pemustaka).

Baca: Lakukan 7 Tips Jitu Ini Agar Bikin Buah Tetap Segar Dan Tidak Busuk!

"Tentu kami sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Prodi Ilmu Perpustakaan yang telah menjalin kerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan tahun 2017," jelasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Yanto selaku Kaprodi Ilmu Perpustakaan menambahkan, Bimtek otomasi perpustakaan berbasis SLIMS ini diisi oleh Budhi Santoso, M.A, Yanto, M.Hum., M.IP, Misroni, M.Hum, dan Dalilan, M.Hum yang merupakan Dosen Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang.

Baca: 176,83 Gram Sabu dan 230 Pil Ekstasi Dimusnahkan Oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel

"Dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini pustakawan sekolah dapat mengetahui tentang program otomasi perpustakaan SLIMS, sehingga dapat diterapkan di Perpustakaan Sekolah mereka masing-masing sebagai sarana simpan dan temu kembali informasi," terangnya.

Penulis: Yuliani
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help