Berita Palembang

Kisah Inspirasi, Hanya Jualan Ikan Hias Kecil-Kecilan, Pria Ini Bisa Beli Rumah

"Alhamdulillah, meski kita hanya pedagang biasa yang berjualan ikan hias, kita bisa membuktikan bahwa kita juga bisa menggapai mimpi

Kisah Inspirasi, Hanya Jualan Ikan Hias Kecil-Kecilan, Pria Ini Bisa Beli Rumah
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Bambang Saat Menjajahkan Ikan Hiasnya Di Kawasan Pasar Sekip Palembang, Kamis (9/8/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Jualan ikan hias sejak 16 tahun lalu, membuat Bambang pedagang yang sehari-hari di kawasan Pasar Sekip Palembang mampu membeli rumah sendiri type 54 di Jalan Ganda Subrata, Lorong Gotong Royong 2, Perumahan Prada Regency, nomor C2, Kelurahan Suka maju, Kecamatan Sako Palembang.

Bambang menuturkan, bahwa dirinya memulai usaha berjualan ikan hias ini sejak tahun 2002 lalu dengan menjajakan beberapa jenis ikan, diantaranya; anak Ikan Gabus, anak Ikan Mas, Ikan Layang Layang, Sepat Bogor, Ikan Pedang, Ikan Gupy, Ikan Cupang.

Baca: Gerindra Klaim PKS Dukung Prabowo Maju ke Pilpres 2019

"Alhamdulillah, meski kita hanya pedagang biasa yang berjualan ikan hias, kita bisa membuktikan bahwa kita juga bisa menggapai mimpi dengan memiliki Rumah sendiri type 54," ujar Bambang, Kamis (9/8/2018).

"Disini kota jual berbagai jenis makanan ikan lainnya, seperti pelet, cacing darah, cacing sutra, kutu air serta uget uget atau jentik nyamuk," jelasnya.

Baca: Tak Perlu Mahal, Kulit Cerah Seketika dengan Menggunakan 2 Bahan Ini

Dalam sehari is bisa meraup keuntungan hingga Rp 200ribu per harinya.

"Kalau rame, bisasannya bisa sampai Rp 200 ribu per hari, tapi kalau sepi paling Rp 50 hingga To 60 ribu dengan harga ikan yang beragam," katanya.

Untuk mendapatkan ikan sendiri, Bambang mengaku hanya menerima ikan dari para peternak ikan hias yang ada di kota Palembang dan diantarkan langsung kepadanya untuk dijual.

Baca: Tak Jadi Dampingi Joko Widodo di Pilpres 2019, Begini Reaksi Mahfud MD

"Kalau ikannya, biasa di antarkan langsung oleh para pembudidaya ikan hias dengan harga beragam, untuk Ikan Gupy biasa kita ambil mulai dari harga 1000-10.000 per ekor, Ikan Cupang mulai dari  harga 1000-30.000, Anak Ikan Mas 1000-15.000, Ikan Layang 1000-10.000, Ikan Sepat 1000-25.000. Semua itu per ekor dan memang harganya beragam-ragam," katanya.

Dirinya berharap selaku pengusaha kecil sangat ingin digandeng oleh Pemerintah untuk dapat memberikan tempat serta modal usaha kedepan.

Baca: Tak Jadi Dampingi Joko Widodo di Pilpres 2019, Begini Reaksi Mahfud MD

Menurutnya, mendapatkan pekerjaan sangat sulit, untuk itu berdagang ikan hias inilah menjadi pilihan.

"Kita menginginkan Pemerintah dapat menggandeng para pengusaha UKM, dan bisa diberikan tempat serta modal usaha agar kami para pengusaha dapat lebih berkembang dan lebih maju lagi," jelasnya. 

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help