Pemilihan Bupati Lahat

Hari Ini Sidang Sengketa Pilbup Lahat Kembali Digelar di MK

KPU Kabupaten Lahat masih menunggu hasil putusan MK terkait hasil Pilkada Bupati dan wakil bupati Lahat.

Hari Ini Sidang Sengketa Pilbup Lahat Kembali Digelar di MK
SRIPOKU.COM/EHDI AMIN
Kotak suara yang digunakan KPU Lahat saat Pilkada Lahat 27 Juni 2018 yang lalu. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ehdi Amin

SRIPOKU.COM, LAHAT - Sesuai jadwal sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lahat akan kembali digelar hari ini, Kamis (9/8/2018), sekira pukul 13.00 wib.

Sesuai agenda sidang sendiri mengenai perselisihan hasil pemilihan Bupati dan wakil bupati Lahat tahun 2018, nomor 58/PHP.Bup-XVI/2018 yang diajukan pasangan calon Bupati dan wakil bupati Lahat, Bursah Zarnubi dan Parhan Berza.

"Ya hari ini akan kembali digelar sidang perselisihan Pilbul Lahat. Dan saat ini komisioner KPU Lahat sudah berada di Jakarta untuk mengikuti sidang tersebut," ungkap Ketua KPU Lahat, Samsulrizal Nusir, kepada Sripoku.com.

Baca: BREAKING NEWS: Pasangan Harnojoyo-Fitrianti Menangi Gugatan Pilkada Kota Palembang di Mk

Sebelumnya, dikatakan Rizal, KPU Kabupaten Lahat masih menunggu hasil putusan MK terkait hasil Pilkada Bupati dan wakil bupati Lahat.

Penundaan penetapan hasil Pilkada sendiri setelah pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lahat, nomor urut 4 Bursa Zarnubi dan Parhan Berza, mengajukan permohonan pembatalan keputusan KPU Lahat tentang rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Lahat, 2018.

Hasil rekapitulasi KPU Lahat sendiri menempatkan pasangan pasangan nomor urut 3 Cik Ujang Haryanto, menang telak dibanding paslon lain dengan memperoleh 91.031 suara.

Baca: BREAKING NEWS: Tabrakan Beruntun Terjadi di Kawasan Musi II Palembang

"Saat ini kita masih menunggu keputusan MK. Dari putusan tersebut baru dapat kita tetapkan hasil Pilkada Lahat," ujarnya.

Dikatakan Rizal, jadwal di MK sendiri 6 hingga sampai 8 Agustus, 2018 pembahasan perkara dan pengambilan putusan (dismissal) dalam rapat pemusyawaratan hakim (RPH).

Kemudian 9 hingga 15 Agustus 2018, putusan (dismissal).

"Jika sudah ada putusan dari MK kita akan segera lakukan penetapan," terangnya.

Sementara, hasil rekapitulasi penghitungan suara untuk pilbub Bupati dan wakil Bupati Lahat, pasangan nomor urut 3 Cik Ujang Haryanto, menang telak dibanding Paslon lain dengan memperoleh 91.031 suara.

Disusul pasangan Bursah Zarnubi Parhan Berza 49.667, kemudian pasangan nomor urut 1 Nopran Marjani-Herliansyah 45.207 , diiringi Paslon nomor urut 5 Purnawarman Kias-Rozi 13.761 dan terakhir pasangan Hapit Fadli-Erlansyah Rumsyah 10.371.

Penulis: Ehdi Amin
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved