Berita Muaraenim

Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Muaraenim Hadiri FGD RPJMD 2018-2023

Peserta FGD sekitar 150 orang, dari DPRD Muaraenim, FKD Muaraenim, Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, Bappeda Sumsel

Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Muaraenim Hadiri FGD RPJMD 2018-2023
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Pj Bupati Muaraenim Teddy Meilwansyah membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Muaraenim Tahun 2018-2023, di Aula Pangripta Sriwijaya Bappeda Pemkab Muaraenim, Kamis (9/8/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Dalam rangka mempersiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Muaraenim tahun 2018-2023, Pemkab Muaraenim menggelar Focus Discussion Group (FGD) dan Paparan Visi, Misi, dan Program Strategis Bupati dan Wakil Bupati Muaraenim Terpilih Kabupaten Muaraenim tahun 2018-2023, di Aula Pangripta Sriwijaya Bappeda Pemkab Muaraenim, Kamis (9/8/2018).

Peserta FGD sekitar 150 orang, dari DPRD Muaraenim, FKD Muaraenim, Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, Bappeda Sumsel, Tim Penyusun RPJMD Kabupaten Muaraenim, Tim Penyusun KLHS RPJMD Kabupaten Muaraenim dan Unsri, Tim Penyusun RAD Tujuan Pembangunan (SDGs) Kabupaten Muaraenim dari Unsri, Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Muaraenim, instansi vertikal, perusahaan dan lembaga Perbankan Forum CSR-PKBL, dan para tamu undangan.

Baca: Ubah Gaya Hidup, Laudya Cynthia Bella Mengaku Ingin Hidupnya Mirip Artis ini, Janda Dua Anak

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Muaraenim M Najib mengatakan tujuan dari FGD RPJMD 2018-2023 ini, untuk melakukan penyusunan terhadap RPJMD Pemkab Muaraenim kedepannya dengan mendengarkan paparan visi, misi, dan Program strategis Bupati dan wakil bupati Muaraenim terpilih tahun 2018-2023 sebagai amanat Permendagri nomor 86 tahun 2017.

Kemudian Najib menjelaskan dokumen rancangan pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Kabupaten Muaraenim tahun 2005-2025, merupakan dokumen induk perencanaan pembangunan daerah, memuat visi, misi, dan arah kebijakan yang digunakan sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan daerah di Kabupaten Muaraenim untuk masa waktu 20 tahun.

Baca: Sebut Tak Punya Attitude & Talenta, Postingan Robby Purba Jadi Sorotan, Netter Sebut 3 Nama Ini

Pada tahun 2018 ini akan disusun RPJMD yang merupakan tahapan ke-3 dan ke-4 RPJPD Kabupaten Muaraenim tahun 2005-2025, dengan visi Kabupaten Muaraenim yang Sehat, Mandiri, Agamis, dan Sejahtera.

RPJM merupakan dokumen perencanaan daerah untuk periode lima tahun, yang merupakan penjabaran visi, misi, dan program kepala daerah yang memuat tujuaannya, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah, dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif.

Sementara itu Penjabat Bupati Muaraenim Teddy Meilwansyah mengatakan sebagaimana diamanatkan dalam Perda Kabupaten Muaraenim nomor 8 tahun 2008 tentang RPJPD Kabupaten Muaraenim tahu 2005-20025 sebagai dasar untuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan daerah, visi kabupaten Muaraenim adalah Kabupaten yang Sehat, Mandiri, dan Sejahterah, yang dinyatakan dengan delapan misi dan 24 sasaran pembangunan.

"Visi dan misi pembangunan 20 tahun tersebut diwujudkan secara bertahap dalam empat tahapan pembangunan jangka menengah yang mana pada tahun 2018-2023 berapa pada tahapan ke-3 dan ke-4 rencana pembangunan dalam RPJMD Kabupaten Muaraenim tahun 2005-2025," ujar Teddy.

Baca: Resmi Dirilis di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy J8, J6 dan J4

Lebih lanjut Teddy mengatakan dalam mewujudkan visi dan misi RPJPD tersebut, sebagai bagian dari mekanisme, proses, dan tahapan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan lima tahun kedepan yang akan menjadi acuan Bupati dan Wakil Bupati Muaraenim terpilih didalam menjalankan visi, misi, dan program strategisnya didalam membangun Kabupaten Muaraenim kedepannya.

"Besar harapan kami kepada Bapak Ahmad Yani dan H. Juarasah selaku Bupati dan Wakil Bupati terpilih dapat memberikan paparan visi, misi, dan program strategis tahun 2018-2023, sebagai acuan dalam penyusunan dokumen RPJMD Kabupaten Muaraenim tahun 2018-2023," ujar Teddy.

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved