Berita Empatlawang

RPH Lubukkelumpang Empatlawang Kurang Diminati

Rumah Potong Hewan (RPH) di Desa Lubukkelumpang Kecamatan Saling Empatlawang masih minim peminat bahkan nyaris tidak berfungsi.

RPH Lubukkelumpang Empatlawang Kurang Diminati
SRIPOKU.COM/AWIJAYA
Juarsah, Kabid Peternaklan dan Perikanan Dinas Peternakan Kabupaten Empatlawang. 

Laporan wartawan sripoku.com, Awijaya

SRIPOKU. COM, EMPATLAWANG - Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Rumah Potong Hewan (RPH) di Desa Lubukkelumpang Kecamatan Saling masih minim peminat bahkan nyaris tidak berfungsi.

Kabid Peternakan dan perikanan Juarsah, mengatakan aturan potongan hewan sesuai undang (UU) nomor 41 tahun 2014 pasal 61 tentang perubahan UU Nomor 8 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, pemotongan hewan yang dagingnya diedarkan harus dilakukan di RPH.

"Aturannya memang seperti itu, dan cara penyembelihan harus memenuhi kaidah kesehatan masyarakat veteriner dan kesejahteraan hewan yang aman, sehat, utuh dan halal," kata Juarsah, didampingi Staf, Masayu, Rabu (8/8/2018).

Dikatakanya, pihaknya selalu berupaya melakukan penyuluhan agar pemotongan hewan ternak dilakukan di RPH agar berstandar.

"Karenanya, untuk menghimbau pemilik hewan ternak potong di RPH memang perlu adanya dukungan pihak terkait, utamanya pemerintah Kelurahan atau Desa setempat," jelasnya. (cr27)

Penulis: Awijaya
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved