Mau Aman Internetan dengan Wi-Fi Umum? Ini Tipsnya

Banyak tempat publik seperti kafe dan restoran kini menyediakan fasilitas Wi-Fi hotspot yang bisa digunakan secara cuma-cuma.

Mau Aman Internetan dengan Wi-Fi Umum? Ini Tipsnya
Dewaweb
Ilustrasi - WiFi Publik. 

SRIPOKU.COM - Banyak tempat publik seperti kafe dan restoran kini menyediakan fasilitas Wi-Fi hotspot yang bisa digunakan secara cuma-cuma.

Meski praktis dan gratis, Wi-Fi di tempat-tempat semacam ini memiliki risiko keamanan karena pengguna tak tahu siapa saja yang tersambung, ataupun siapa yang membuat hotspot.

Berita Lainnya:
Jembatan Ampera Mulai Dipercantik, Bakal Dibangun Pedestrian, Air Mancur Hingga Wifi Gratis

Hacker pun bisa memanfaatkan kelengahan pengguna gadget di tempat publik untuk mencuri informasi penting dengan berbagai macam cara, seperti serangan man-in-the middle, membuat hotspot palsu, hingga packet sniffing yang teknik-tekniknya antara lain diterangkan di laman berikut.

Kalau kurang awas, informasi vital macam username dan password pengguna untuk login ke layanan online bisa jatuh ke tangan orang tak bertanggung jawab.

Kendati demikian, apabila memang harus menggunakan fasilitas Wi-Fi publik, ada beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk meminimalisir risiko pencurian data. Ikuti tips-tips yang dirangkum KompasTekno dari Wired, Senin (6/8/2018) di bawah ini.

Gunakan Wi-Fi yang dikenal
Saat menyalakan Wi-Fi, perangkat akan memindai hotspot apa saja yang tersedia di sekitar pengguna. Supaya tak salah pilih, sebaiknya hanya sambungkan perangkat ke pengelola hotspot yang memang dikenal, misalnya yang dioperasikan oleh pihak kafe tempat pengguna berada.

Kalau memungkinkan, jangan terlalu banyak menyambungkan perangkat ke hotspot di tempat baru. Semakin banyak hotspot yang tersambung ke perangkat pengguna, semakin banyak pula kemungkinan ada di antaranya yang memiliki keamanan kurang mumpuni.

Hanya gunakan layanan online dengan pengamanan HTTPS

HTTPS mengamankan transaksi data antara komputer pengguna dengan penyedia layanan online dengan enkripsi sehingga tak mudah diendus oleh hacker. Sayangnya belum semua layanan online menggunakan protokol ini.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help