Berita Musirawas

Bupati Musirawas Canangkan Kampanye Imunisasi Measles Rubella

Bupati Musirawas H Hendra Gunawan mencanangkan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) tingkat Kabupaten Musirawas.

Bupati Musirawas Canangkan Kampanye Imunisasi Measles Rubella
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Bupati Musirawas H Hendra Gunawan, berbincang dengan salah seorang pelajar SD, disela imunisasi MR di SD Negeri Giriyoso Kecamatan Jayaloka, Senin (6/8/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS-- Bupati Musirawas H Hendra Gunawan mencanangkan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) tingkat Kabupaten Musirawas.

Pencanangan bertepatan dengan pelaksanaan Gerakan Musirawas Sempurna Sehat (GMSS) yang ditandai dengan pemukulan gong bersama tokoh agama dan masyarakat serta pemberian imunisasi kepada pelajar di SD Negeri Giriyoso Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musirawas.

H Hendra Gunawab mengatakan, imunisasi MR merupakan salah satu program nasional untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak dari penyakit kelainan.

Seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung, dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi Rubella pada saat kehamilan.

Imuniasi MR, merupakan kepanjangan dari Measles atau lebih dikenal dengan campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus.

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, bahkan kematian.

Baca:

Pemerintah OKUT Imbau Masyarakat Simpan Stok Gabah, Masuk Musim Kemarau Harga Mahal Stok Menipis

Ini 5 Artis Cantik yang Miliki Cincin Berlian Termahal, No 3 Sebut Jika Harganya Mencapai Rp 20 M!

Sementara rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak. Akan tetapi bila menular kepada ibu hamil pada awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Kecacatan tersebut dikenal sebagai sindroma rubella kongenital di antaranya meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian, serta keterlambatan perkembangan.

Melihat dari manfaat yang didapatkan, kata H Hendra Gunawan, kampanye imunisasi MR ini harus terus digelorakan dan dicanangkan sehingga anak-anak sebagai generasi penerus bangsa dapat sehat dan cerdas serta dapat memiliki daya saing yang tinggi.

Terkait pro dan kontra imunisasi MR ini, dengan belum adanya label halal dari MUI, dirinya mengembalikan kepada seluruh masyarakat. Bagi yang ingin dan yakin maka dapat segera di imunisasi. Namun bagi yang masih ragu maka harus menunggu label halal MUI.

Karena ini bentuk kepedulian pemerintah yang sayang dan cinta kepada generasi yang akan datang, dirinya berharap, hal ini dapat diselesaikan secepat mungkin sehingga program yang baik ini segera dapat diterapkan secara penuh.

Sementara itu, selain pencanangan imunisasi MR yabg dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Musirawas, dalam rangkaian kegiatan GMSS di Kecamatan Jayaloka juga dulajukan peninjauan senam lansia dan pemberian makanan tambahan serta meninjau pelayanan kesehatan.

Selanjutnya di Desa Margoyoso, bupati beraudiensi dengan pemerintah desa, dan pemberian bantuan kloset serta peninjauan pengerjaan jamban sehat.

Terakhir di Desa Donorejo, bupati menyaksikan penandatangan deklarasi rumah tanpa asap rokok serta pemasangan stiker disalah satu rumah warga setempat. (*)

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved