Mobil Desa

AMMDes Terancam Dua Hal Gagal Lolos Uji Tipe

Dalam waktu dekat, Kementerian Perindustrian berencana akan mengajukan uji tipe terhadap kendaraan Alat Mekanis Multiguna Perdesaan (AMMDes)

AMMDes Terancam Dua Hal Gagal Lolos Uji Tipe
Tribunnews.com
Presiden Joko Widodo bersama kreator Ammdes, Sukiyat dan pengembang Amdess Presdir PT Astra International Prijono Sugiarto mencoba Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) saat pembukaan Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 di arena ICE BSD City, Tangerang Selatan, Kamis (2/8/2018), (Warta Kota/Alex Suban) 

SRIPOKU.COM, TANGERANG - Dalam waktu dekat, Kementerian Perindustrian berencana akan mengajukan uji tipe terhadap kendaraan Alat Mekanis Multiguna Perdesaan (AMMDes) ke Kementerian Perhubungan. Namun bila diuji mengacu peraturan saat ini, AMMDes yang dikembangkan Kiat Mahesa Wintor (KMW) itu terancam gagal lolos uji tipe.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi,mmenyebutkan, ada dua hal yang bisa membuat AMMDes tak lolos uji tipe, yakni uji emisi dan tingkat kebisingan.

Berita Lainnya:
AMMDes, Mobil Pedesaan Karya Anak Bangsa

"Kalau AMMDes mau uji tipe, ada beberapa standarnya yang tidak terpenuhi, seperti dari uji emisi dan noise (tingkat kebisingan)," kata Budi kepada Kompas.com di arena GIIAS 2018 di ICE, BSD City, Tangerang, Senin (6/8/2018).

Saat ini, uji tipe kendaraan diketahui mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor. Khusus untuk uji emisi sendiri diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N dan O.

Budi belum menjelaskan lebih jauh seputar tingkat emisi dan kebisingan AMMDes. Sebab proses pengujiannya juga belum dimulai.

Budi menyatakan saat ini Kemenhub dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sedang mengupayakan adanya penyesuaian regulasi. Dengan adanya penyesuaian itu, diharapkan AMMDes nantinya dapat dinyatakan lolos uji tipe.

"Regulasi akan coba diturunkan agar menyesuaikan," ujar Budi.

AMMDes yang dikembangkan KMW diketahui menggunakan sumber tenaga dari mesin Diesel yang disebut memiliki tenaga 14 hp. Kendaran tersebut memiliki berat mencapai 800 kg, dengan daya angkut maksimum 700 kg pada jalan mendatar dan 500 kg pada jalan mendaki.

Penulis: Alsadad Rudi

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://otomotif.kompas.com/ dengan Judul:
AMMDes Terancam Gagal Lolos Uji Tipe

Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help