HUT RI 2018

Meriahkan HUT RI ke-73, Pemkab Muaraenim Gelar Lomba Eggrang Antar Instansi, Ini Hadiahnya

Untuk melestarikan budaya dan permainan tradisional, Pemkab Muaraenim menggelar lomba Eggrang antar instansi

Laporan wartawan Sripoku, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM --- Untuk melestarikan budaya dan permainan tradisional, Pemkab Muaraenim menggelar lomba Eggrang antar instansi untuk memeriahkan HUT RI ke 73 di lapangan Merdeka Muaraenim, Senin (6/8/2018).

Dari pengamatan dan informasi di lapangan, ratusan peserta yang berasal dari puluhan instansi baik pemerintahan, BUMN/BUMD/BUMS, TNI dan Polri, dengan semangat mengikuti lomba Enggrang.

Bahkan penonton dibuat tertawa terbahak-bahak karena melihat aksi peserta yang jatuh bangun karena tidak seimbang menggunakan Eggrang.

Baca: Dulu Ditolak Kibarkan Bendera HUT RI 2016, Begini Nasib Gloria Hamel, Duta Kemenpora Belum WNI?

Bahkan ada peserta yang gugur duluan karena terjatuh ketika akan memulai berjalan menggunakan Eggrang, sebab panitia menggunakan aturan jika peserta terjatuh langsung didiskualifikasi.

"Tahun ini kita langsung didiskualisfikasi bagi peserta yang terjatuh. Kalau tahun kematin tidak, tapi sering kacau, makanya tahun ini kita coba cara baru ini," ujar salah seorang panitia yang enggan disebutkan namanya.

Baca: Jadi Suporter Asian Games 2018, Pelajar di Sumsel Dapat Tiket & Shuttle Bus Gratis

Menurut Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Muaraenim Rusdi Hairullah bahwa pihaknya dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke 73 ini, menggelar beberapa permainan olahraga tradisional, seperti bakiak, tarik tambang dan Enggrang.

Tujuannya adalah supaya para generasi muda tahu dengan budaya dan olahraga tradisional merupakan warisan nenek moyang dahulu, sebab saat ini, anak-anak hanya tahu dengan permainan gadget dan komputer saja.

Dan pihaknya, akan terus menggelar berbagai perlombaan tradisonal setiap tahunnya supaya membumi.

Baca: Meriahkan HUT RI ke-73, Komunitas 1000 Guru Sumsel Gelar Agenda Traveling & Teaching di Muaraenim

Halaman
12
Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved