Gempa Lombok 7 SR Berakhir, BMKG Cabut Peringatan Potensi Tsunami

Sebelumnya diberitakan, gempa berkekuatan 7.0 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8/2018)

Gempa Lombok 7 SR Berakhir, BMKG Cabut Peringatan Potensi Tsunami
ISTIMEWA
Kepanikan di Bandara Lombok saat terjadi gempa bumi di Lombok, Minggu.(5/8/2018) 

TRIBUNWOW.COM -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan berakhirnya potensi tsunami di beberapa bagian Indonesia terkait gempa berkekuatan 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya, Minggu (5/8/2018) sekitar pukul 18.46 WIB.

Peringatan dini tersebut dinyatakan telah berakhir oleh BMKG lewat twitternya.

"#Peringatan dini TSUNAMI yang disebabkan oleh gempa mag:7.0, tanggal: 05-Aug-18 18:46:35 WIB, dinyatakan telah berakhir#BMKG," tulis akun BMKG dalam unggahannya tersebut.

Sebelumnya diberitakan, gempa berkekuatan 7.0 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8/2018), sekitar pukul 18.46 WIB.

Gempa ini tak hanya dirasakan di wilayah Lombok, namun juga dirasakan di Waingapu (Sumba), Sawahan (Surabaya), Banyuwangi, Denpasar, Kuta, Situbondo, Karangasem, Bima, dan sekitar Malang.

Titik gempa berada di 8.37 Lintang Selatan - 116.48 Bujur Timur tepatnya 18 kilometer barat laut Lombok Timur, NTB.

Menurut BMKG, pusat gempa berada di daratan dengan kedalaman 15 km.

Gempa ini awalnya berpotensi menyebabkan gelombang tsunami dengan ketinggian kurang dari setengah meter.

Dari info twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkini, telah terdeteksi tsunami setinggi 0,135 m (13,5 cm) di wilayah Carik, pada pukul 18.48 WIB.

Tak hanya itu, di wilayah Badas, tsunami juga terbentuk dengan ketinggian air 0,100 (10 cm), akibat dari gempa berkekuatan 7 SR ini.

Selain itu gelombang setinggi 9 cm juga terdeteksi di Lembar(19:27WIB) dan di wilayah Beno dideteksi ada gelombang air dengan ketinggian 2 cm.

Hingga berita ini diturunkan belum ada informasi terkait dampak akibat gempa tersebut. (TribunWow.com/Ekarista R.P)

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul BMKG Nyatakan Peringatan Tsunami usai Gempa di Lombok Telah Berakhir, http://wow.tribunnews.com/2018/08/05/bmkg-nyatakan-peringatan-tsunami-usai-gempa-di-lombok-telah-berakhir.
Penulis: Ekarista Rahmawati P
Editor: Claudia Noventa

Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help