Gerhana Bulan Total

Saat Gerhana Bulan Terjadi, Begini Urutan Gerakan Bayangan Bumi

Fenomena GBT terlama sepanjang abad 21 sudah berlalu, dan yang tersisa hanya kenangan dan rekaman gamabar. Dari seluruh foto yang bersebaran

Saat Gerhana Bulan Terjadi, Begini Urutan Gerakan Bayangan Bumi
https://sains.kompas.com/
Citra Umbra bumi yang terlihat dari gambar bulan selama gerhana bulan total, 28 Juli 2018. 

SRIPOKU.COM - Fenomena gerhana bulan total (GBT) terlama sepanjang abad 21 sudah berlalu, dan yang tersisa hanya kenangan dan rekaman gamabar.

Dari seluruh foto yang bersebaran dari seluruh penjuru dunia, ada satu gambar yang sangat menarik dan unik. Gambar ini tidak memperlihatkan betapa cantiknya bulan di malam itu, namun menunjukkan bayangan bumi saat terjadi GBT.

Berita Lainnya:
Betulkah Gelombang Tinggi Dipengaruhi Oleh Gerhana Bulan? Begini Penjelasan Pihak BMKG

Astronom amatir Australia Tom Harradine adalah sosok yang menciptakan citra umbra Bumi, yakni bayangan inti yang sangat gelap dan terbentuk ketika terjadi gerhana bulan.

Selama gerhana, bulan tidak melewati seluruh bayangan bumi. Sebab itu, ia butuh menggunakan beberapa trik agar bisa menangkap citra yang diinginkannya.

"Salah satu cara untuk mendapat lingkaran penuh umbra dari persitiwa gerhana bulan kemarin adalah dengan trik buatan, yakni memotret gerhana berturut-turut sehingga batas bayangan membentuk lingkaran," ujar Harradine, dilansir Gizmodo Rabu (1/8/2018).

"Caranya adalah dengan menjaga kelengkungan bayangan setepat mungkin. Saya memilih efek spiral tidak hanya untuk menunjukkan umbra tetapi juga menunjukkan perkembangan gerhana seiring berjalannya waktu," paparnya.

Untuk mendapatkan foto seperti di atas, Harradine membocorkan trik memotretnya.

Hal yang perlu diperhatikan saat memotret gambar seperti itu adalah eksposur kamera dan ISO. Harradine pun menggunakan pengaturan f-stop yang sama untuk semua gambar, namun saat memotret tiga gambar gerhana pertama (yang paling terang) Harradine lebih fokus pada bayangan, bukan bulan.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help