Berita Musi Rawas

Latih Kepiawaian Padamkan Karhutla di Mura, Polres Musirawas Lakukan Hal Ini

Antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), jajaran Polres Musirawas bersama TNI dan

Latih Kepiawaian Padamkan Karhutla di Mura, Polres Musirawas Lakukan Hal Ini
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Antisipasi terjadinya karhutla, jajaran Polres Musirawas bersama TNI dan Masyarakat Peduli Api (MPA) serta pihak pemerintah daerah menggelar simulasi pemadaman api di lahan perkebunan sawit PT Pratama Palm Abadi (PPA) Desa Prabumulih I Kecamatan Muaralakitan Kabupaten Musirawas, Rabu (1/8/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS -- Antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), jajaran Polres Musirawas bersama TNI dan Masyarakat Peduli Api (MPA) serta pihak pemerintah daerah menggelar simulasi pemadaman api di lahan yang terbakar.

Simulasi yang dipimpin langsung Kapolres Musirawas AKBP Bayu Dewantoro itu digelar di lahan perkebunan sawit PT Pratama Palm Abadi (PPA) Desa Prabumulih I Kecamatan Muaralakitan Kabupaten Musirawas, Rabu (1/8/2018).

Pantauan Sripoku.com, kegiatan dimulai dengan pengecekan peralatan pemadam api oleh kapolres.

Setelah pengecekan, kemudian dilakukan apel pengarahan terhadap tim pemadam api yang dilakukan oleh Kapolsek Muara Lakitan AKP Nasharudin, Danramil Muara Lakitan Kapten Maryono serta Sekcam Muara Lakitan Ali Sjahbana.

Setelah apel pengarahan, selanjutnya anggota pemadam api, langsung menuju menara api untuk memantau lokasi lahan yang terbakar.

Dari atas menara api, terlihat arah kepulan asap, menandakan lokasi yang terbakar. Lalu tim dengan peralatan lengkap langsung menuju lokasi.

Setiba dilokasi, Masyarakat Peduli Api bersama tim kecamatan, melakukan pemadaman awal dengan cara memukul api dengan dahan-dahan pohon yang ada disekitar.

Selanjutnya, dilakukan pemadaman dengan menggunakan peralatan kendaraan tangki penyemprot api.

Tak lama kemudian, api berhasil dipadamkan.

Kapolres Musirawas AKBP Bayu Dewantoro mengatakan, simulasi pemadaman api ini dilakukan dalam rangka antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau. Sehingga, ketika terjadi kebakaran yang sesungguhnya, baik anggota maupun peralatan yang diperlukan harus dalam kondisi siap.

"Tujuan dari kegiatan kita ini, yaitu simulasi pemadaman api, untuk mengecek kesiapan dalam menghadapi karhutla. Semua kita cek, baik peralatan maupun dari kesiapan anggotanya. Jadi kegiatan ini sebagai langkah antisipasi penanganan karhutla," ujar AKBP Bayu Dewantoro, disela simulasi pemadaman api, Rabu (1/8/2018).

Sementara Manager Lapangan PT PPA, Suroso mengatakan, pihaknya siap dalam mengantisipasi penanganan karhutla. Menurutnya, diminta atau tidak diminta, memang sudah keharusan bagi perusahaan dalam memersiapkan penanganan karhutla. Karena itu, segala sesuatu yang menyangkut antisipasi dan penanganan karhutla sudah dipersiapkan.

"Kita sudah punya menara pantau api, yang bisa memantau areal kebun. Kemudian kita juga sudah bangun embung, sekat kanal sebagai tempat persediaan air. Sehingga ketika terjadi kebakaran, mudah mendapatkan sumber air untuk memadamkan api. Kemudian ada juga kendaraan tangki penyemprot untuk pemadaman api," ujarnya. (ahmad farozi)

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved