News Video Sripo

PDHI Sumsel Cek Kondisi Kesehatan Hewan Kurban

Pihaknya sendiri telah ditunjuk bagian kesehatan hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang

Laporan Wartawan sripoku.com,Rahmad Zilhakim

SRIPOKU.COM,PALEMBANG - - Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sumatera Selatan memulai pengecekan hewan kurban di 17 kabupaten/kota bermitra dengan pemerintah daerah setempat. 

"Di sumsel ada 46 dokter hewan yang digaet pemda 17 kabupaten/kota untuk melaksanakan pengecekan hewan kurban, sedangkan dokter hewan yang lain (swasta) tetap ikut memeriksa, semua sudah dikoordinasikan," Kata Ketua PDHI Sumsel Dr. drh. Jafrizal saat pengecekan di kandang sapi di wilayah Demang Lebar Daun, Selasa (31/07/2018).

Pihaknya sendiri telah ditunjuk bagian kesehatan hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang untuk melakukan pengecekan hewan qurban di kota palembang sejak 18 Juli dan rencananya terus mengecek hingga hari tasyrik atau H+3 Idul Adha, menyasar 150 lebih peternakan sapi-kambing.

Menurutnya dari pemeriksaan peternakan sapi dan kambing di wilayah Alang-alang lebar, Soekarno Hatta, Talang Kelapa, Sukarami, Kalidoni, Sako dan Demang lebar Daun, pihaknya menyimpulkan 80 persen hewan kurban kondisinya baik serta memenuhi syarat, sementara 20 persen sisanya sakit atau kurang umur.

Dalam memeriksa hewan kurban, pihaknya melakukan tindakan cek umur dengan melihat struktur gigi dan vaksinasi untuk mengantisipasi virus jembrana yang kerap menyerang sapi Bali, karena pada November 2017 - Mei 2018 angka kematian sapi akibat virus jembrana cukup tinggi.

"Kalau gigi sapi sudah ada tanda pergantian, maka artinya sudah dua tahun dan sah menurut agama islam, kalau kambing 1,5 tahun minimal umurnya, setelah itu dicek lagi kesehatan serta pastikan sapi-kambing tidak kurus, baru bisa dijadikan kurban," ujar Dr. drh. Jafrizal.

Ia mengingatkan kepada calon ahlul kurban (orang yang berkurban) agar memilih sapi/kambing yang terbaik, bukan hanya yang termurah, sesuai anjuran sunnah.

Sebab pihaknya mengamati masih banyak panitia kurban yang memilih sapi-kambing dari aspek harga semata tanpa memperhatikan kecukupan umur, berat hewan dan aspek kesehatan.

Penulis: Rahmad Zilhakim
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved