Berita OKU

Animo Jurnalis Ikut Uji Kompetensi Wartawan di Kabupaten OKU Cukup Tingggi, Syaratnya Minimal D3 

Animo para jurnalis untuk meningkatkan kompetensinya semakin tinggi. Indikasi ini terlihat dari banyaknya peserta yang menyatakan berminat ikut UKW

Animo Jurnalis Ikut Uji Kompetensi Wartawan di Kabupaten OKU Cukup Tingggi, Syaratnya Minimal D3 
SRIPOKU.COM/LENI JUWITA
Pengurus PWI OKU foto bersama 

Laporan wartawan Sripoku.com, Leni Juwita

SRIPOKU.COM.BATURAJA — Animo para jurnalis untuk meningkatkan kompetensinya semakin tinggi. Indikasi ini  terlihat dari banyaknya peserta yang menyatakan berminat ikut Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang akan diselenggarakan PWI Kabupaten OKU.

Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Dimisioner Kabupaten OKU Purwadi SP,  kepada Sripoku,com Selasa (31/7/2018)  menjelaskan saat ini saja sudah tercatat sebanyak 29 wartawan dari media massa yang sudah konfirmasi mau ikut UKW.

Dikatakan Purwadi, kuota untuk UKW ini sebanyak 24 orang dengan 5 orang cadangan.

Dikesempatan itu Purwadi menjelaskan, PWI Kabupaten OKU sebagai perpanjangan tangan PWI Provinsi Sumatera Selatan akan menggelar UKW, Orientasi Anggota Baru dan Konferensi PWI OKU.

“Ketiga kegiatan ini dijadualkan akan digelar serentak di akhir September 2018,” jelas Purwadi yang juga  pemegang mandat dari PWI Susmel untuk  melaksanakan ketiga kegiatan ini. 

Baca: Kejar Pelaku Pembunuhan di OKU Timur Hingga ke Jakarta, Polisi Akhirnya Menangkap di Rumahnya

Baca: Hari Terakhir Penetapan DCS, Masyarakat Tentukan Kelayakannya Caleg di Oku Timur

Lebih jauh Purwadi menjelaskan, UKW yang akan dilaksanakan di OKU adalah jenjang Muda. Persyaratan yang harus dilengkapi calon peserta UKW adalah wartawan yang sehari hari bertugas meliput berita, mengisi formulir peserta, mendapat rekomendasi dari pimpinan media yang bersangkutan dan membayar administrasi.

Menurut Purwadi, UKW ini hanya dibuka 4 kelas (24 orang), mengingat terbatasnya peserta dihimbau kepada wartawan yang akan mengikuti UKW agar segera melengkapi persyaratan.

Agenda yang tak kalah pentingnya juga adalah orientasi penerimaan calon anggota PWI OKU, pengurus menargetkan menerima 25 calon anggota muda PWI

Dikatakan Purwadi, sebelum dinyatakan sebagai anggota muda PWI, calon anggota harus mengikuti orientasi pembekalan dan ujian sebagai anggota muda. 

Syaratnya, calon anggota muda mengisi formulir pendaftaran, membayar biaya administrasi  dan melampirkan ijazah pendidikan terakhir minimal D3 atau bisa juga wartawan yang masih mengikuti perkuliahan dengan melampirkan keterangan dari ketua jurusan.

"Saya sudah koordinasi dengan Ketua PWI Provinsi Sumsel," kata Purwadi seraya menambahkan bahwa pendidikan terakhir  wartawan calon anggota muda PWI minimal D3.

Baca: Kabupaten OKU Juara Pertama Pameran Teknologi Tepat Guna ke XIV Tahun 2018

Baca: Kalah dari Mitra Kukar, Milan Petrovic: Kami Gagal Fokus

Mengenai konferensi PWI OKU, lanjut Purwadi, akan dilaksanakan bersamaan dengan orientasi dan UKW.

Khusus konferensi PWI, agenda terpenting adalah pemilihan ketua baru periode 2018 - 2021 dan penyusunan pengurusnya. 

Ketika ditanya, apakah diirnya akan mencalonkan diri kembali, lulusan Universitas Sriwijaya ini menyatakan apabila arus bawah masih menghendaki dan mendukung dirinya siap mencalon lagi sebagai Ketua PWI OKU. 

Penulis: Leni Juwita
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved