Ragamku

7 Tahapan Meditasi untuk 'Penyembuhan Emosional'

Tak banyak orang yang tertarik dengan meditasi, padahal aktivitas tersebut memiliki ragam manfaat, salah satunya adalah emotional healing.

7 Tahapan Meditasi untuk 'Penyembuhan Emosional'
www.murad-indonesia.com
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Tak banyak orang yang tertarik dengan meditasi, padahal aktivitas tersebut memiliki ragam manfaat, salah satunya adalah emotional healing.

Dalam sesi yang dipandu oleh praktisi emotional healing Adjie Santosoputro, setidaknya ada beberapa tahapan meditasi.

Berita Lainnya:
Benarkah, Rajin Yoga dan Meditasi Mampu Tingkatkan Ego?

Adjie mengakui tidak mudah untuk membuat meditasi tersistematis, namun dari hasil pembelajaran dan riset selama ini, lulusan Psikologi UGM ini membuat tujuh tahapan tersebut.

1. Jeda berhenti sejenak
Adjie mengungkapkan, tahap pertama ini adalah bagian untuk melatih mengambil jeda sejenak di tengah ketergesaan.

Semakin tergesa-gesa, katanya, semakin lambat seseorang bisa bermeditasi. Di sisi lain, semakin pelan, tapi pasti, maka semakin cepat orang mencapai kesadaran meditatif.

"Latihan berhenti sejenak perlu rileks, karena itu latihannya adalah olah napas, bisa berbagai metode, seperti 4-7-8 atau lain-lain, sesuai dengan kenyamanan," ungkap Adjie kepada Kompas.com, Jakarta, Minggu (29/7/2018).

2. Menyadari pikiran
Menurut penulis buku "Merawat Bahagia" ini kita perlu sadar bahwa pikiran yang muncul di kepala kita hanya sebatas pikiran, dan bukan kenyataan.

Karena itu, apa pun pikiran dan perasaan yang datang, maka cukup disadari.

"Latihan kedua ini adalah mengistirahatkan pikiran-- agar kita fokus pada apa yang terjadi di sini dan kini. Latihannya adalah duduk hening dan menyadari pikiran," ujar Adjie.

Halaman
1234
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help