Berita OKU Timur

Taman Jerami Destinasi Wisata Baru di OKU Timur, di Sini Lokasinya

Destinasi wisata yang sedang dipersiapkan adalah dengan memanfaatkan limbah padi yang sudah tidak dimanfaatkan lagi

Taman Jerami Destinasi Wisata Baru di OKU Timur, di Sini Lokasinya
SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
Pemerintah OKU Timur bekerjasama dengan insan pers menciptakan lokasi destinasi wisata baru dengan memanfaatkan limbah jerami. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Evan Hendra

SRIPOKU.COM, MARTAPURA -- Pemerintah Kabupaten OKU Timur bekerjasama dengan sejumlah insan pers serta seluruh instansi pemerintah maupun swasta menciptakan lokasi destinasi wisata baru dengan memanfaatkan bendung perjaya, di Desa perjaya, Kecamatan Martapura.

Destinasi wisata yang sedang dipersiapkan adalah dengan memanfaatkan limbah padi yang sudah tidak dimanfaatkan lagi atau lebih dikenal dengan sebutan jerami.

Jerami yang sudah tidak digunakan lagi dan biasanya dibakar dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah karya seni yang sangat memesona yang akan dipamerkan dan dijadikan sebagai destinasi wisata baru dengan tema Festival Jerami Seburuk Sehaluan.

Sedikitnya 100 payung jerami dengan berbagai bentuk akan memeriahkan kegiatan tersebut yang akan digelar mulai tanggal 5-11 Agustus 2018.

Kegiatan tersebut juga sebagai bentuk dukungan pemerintah OKU Timur terhadap terlaksananya Asian Games 2018 Jakarta-Palembang beberapa hari lagi.

Ketua Umun Festival Jerami Sebiduk Sehaluan 2018, Edward Ferdinant SH, Minggu (29/7/2018) mengatakan, Festival jerami dilaksanakan dengan memanfaatkan jerami yang selama ini dibiarkan menggunung dan dibakar petani.

Namun dengan adanya kegiatan tersebut maka jerami-jerami tersebut dimanfaatkan dan disulap menjadi patung-patung jerami dan karya seni dalam berbagai bentuk dan ukuran.

“Festival Jerami ini diikuti seluruh Desa yang ada di Kabupaten OKU Timur. organisasi perangkat daerah (OPD), Kepolisian, Kejaksaan, TNI, BUMN, BUMD serta pihak swasta dan organisasi yang ada di Bumi Sebiduk Sehaluan,” ujarnya.

Dalam Festival tersebut berbagai kegiatan juga akan digelar mulai dari lomba trail angkut jerami, festival seni budaya, parade musik, pentas 1.000 penari, rembuk tani dan sejumlah kegiatan lainnya yang berkaitan dengan pertanian.

"Harapan kita Festival Patung Jerami terbanyak yang dilaksanakan nantinya, merupakan yang terbanyak yang dilaksanakan di Indonesia dan tercatat dalam rekor MURI," katanya.

Sedangkan Bupati OKU Timur HM Kholid MD menyambut baik dilaksanakannya Festival Jerami tersebut.

Melalui Festival Jerami dirinya berharap bisa menjadi destinasi wisata baru di OKU Timur dan provinsi Sumatera Selatan pada umumnya.

"Kegiatan ini agar berkelanjutan dan bisa mengundang wisatawan baik lokal maupun dari luar. OKU Timur terkenal sebagai daerah berbasis pertanian, Festival Jerami ini merupakan langkah yang sangat tepat. Selain memanfaatkan limbah jerami juga menjadi destinasi wisata baru yang berkelanjutan bagi OKU Timur," katanya.

Baca: Terlibat Aksi Curanmor Milik Keluarganya, Dua Saudara di Kertapati Palembang Ditembak

Baca: 5 Restoran Mahal di Dunia, Nomor 1 Hidangannya Sampai Seharga Motor!

Baca: Kisah Anggota Polres Lahat Ubah Sampah Jadi Bermanfaat Hingga Terima Penghargaan Kalpataru

Baca: Pemkab Muaraenim Terma 3 Penghargaan dari BLH Sumsel, Berikut Daftar Penghargaanya

Baca: Pemkab Muaraenim Terma 3 Penghargaan dari BLH Sumsel, Berikut Daftar Penghargaanya

Baca: Hapus Foto Suami Barunya, Ini Penjelasan Stevianne Agnecya, Hingga Ada Wanita Lain yang Marah

Baca: Hapus Foto Suami Barunya, Ini Penjelasan Stevianne Agnecya, Hingga Ada Wanita Lain yang Marah

Penulis: Evan Hendra
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved