Berita Palembang

Pelajari Estetika, Siswa Perlu Diperkenalkan Seni Budaya

Sebagai salah satu materi pembelajaran di sekolah, seni budya dianggap penting karena dapat memberi pengalaman estetika kepada siswa

Pelajari Estetika, Siswa Perlu Diperkenalkan Seni Budaya
SRIPOKU.COM/YULIANI
Para dosen sendratasik UPGRI Palembang saat melakukan PkM terkait seni budaya 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --Sebagai salah satu materi pembelajaran di sekolah, seni budya dianggap penting karena dapat memberi pengalaman estetika kepada siswa untuk menjawab tantangan bagi diupnya baik personal maupun bermsyarakat.

Maka itu sekolah dianggap perlu memperkenalkan seni budaya ini secara intens kepada siswa.

Maka itu sebagai lembaga perguruan tinggi, UPGRI Palembang memberi perhatian lebih dari dosen melalui Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

Tak hanya menyasar sekolah di Sumsel saja, kali ini dosen dari prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik juga menyambangi SMKN 5 Bengkulu, Sabtu (28/7/2018) kemarin.

Baca: Timnas U-16 Indonesia Vs Filipina - Garuda Asia Unggul 3-0 di Babak Pertama Melalui 2 Heading

Baca: MU Digulung Liverpool di ICC 2018, Paul Pogba Pilih Berpesta di Los Angeles Undang Bintang Porno

Salah satu dosen, Riki Rikarno, M.Sn mengatakan dalam PKM kali ini, para dosen Sendratasik ini melakukan pelatihan seni di SMK tersebut yang meliputi penyutradaraan, notasi balok, dan sastra tutur Sardundun.

Apalagi juga diperkenalkan teknik-teknik dasar sekaligus teori serta pemahaman pentingnya mempelajari seni sebagai wujud pelestarian budaya.

Menurutnya, pengenalan estetika sebagai tujuan diberikannya pelajaran seni budaya di sekolah dilakukan dengan cara kegiatan apresiasi dan ekspresi/kreasi.

"Apresiasi dan kreasi seni inilah perlu diberikan kepada dalam pembelajaran seni di sekolah. Karena semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin besar pula tantangan yang dihadapi siswa untuk mempertahankan keberadaan seni tersebut," ujarnya.

Baca: Masyarakat Puas dengan Perbaikan Jembatan Ampera Nggak Nyangka Jadi Cantik

Sementara itu, dalam PkM pelatihan seni ini, ada 12 dosen yang ikut ambil bagian dalam memberi pemahaman terkait pengenalan teori dan teknik dasar terkait penyutradaraan di sekolah tersebut.

"Kita berusaha memberikan pemahaman dn pendekatan yang baik kepada guru dan siswa. Bahwa seni budaya ini sangat luas dan yang paling utama pelajaran seni ini tidak terpinggirkan apalagi dianggap kurang menarik," ungkapnya. 

Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved