Berita Musirawas

Kenalkan Siswa Iklim Demokrasi, Pemilihan Ketua Osim MAN 1 Musirawas Rasa Pemilukada

Ada yang unik dalam pelaksanaan pemilihan ketua Osim MAN 1 Musi Rawas (MANSAMURA), pasalnya pemilihan ketua Osim ini begitu demokratis

Kenalkan Siswa Iklim Demokrasi, Pemilihan Ketua Osim MAN 1 Musirawas Rasa Pemilukada
ISTIMEWA
Suasana pelaksanaan pemilihan ketua Osim MAN 1 Musi Rawas (MANSAMURA) 

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS-- Ada yang unik dalam pelaksanaan pemilihan ketua Osim MAN 1 Musi Rawas (MANSAMURA), pasalnya pemilihan ketua Osim ini begitu demokratis dan persis layaknya sebuah pemilihan umum kepala daerah atau bahkan Presiden RI.

Pemilihan yang digelar belun lama ini dirancang khusus untuk memperkenalkan siswa tentang Pemilu dan iklim demokrasi di lingkungan madrasah, Jum'at (27/07/2018).

Sebelum jadwal pemilihan ketua Osim, kandidat-kandidat ketua Osim yang pada tahun ini terdiri dari tiga orang kandidat, melakukan kampanye ke kelas-kelas, dengan menyampaikan visi dan misi mereka terhadap kepengurusan Osim kedepannya.

Berbagai ragam visi dan misi disampaikan untuk menarik simpati pemilihan, yang terdiri dari siswa-siswi MAN 1 Musi. Tiba di hari H pemilihan, benar-benar dikonsep layaknya pemilu dengan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang terpisah dan dijaga ketat oleh panitia Pemilu yang terdiri dari pengurus Osim tahun sebelumnya.

Baca:

Sepak Terjang Rahmad Darmawan, Bertangan Dingin & Sanggup Bawa SFC Kampiun Sebelum Liga Bergulir

Jadwal dan Harga Tiket Terlengkap Pertandingan Cabor Squash Asian Games 2018, Beli Disini

"Kami berdemokrasi menyampaikan untuk apa visi dan misi kami, ketika itu saya semangat dan membuat berapa program yang dapat menunjukkan potensi dan bakat siswa-siswi MAN 1 Musirawas. Saya sampaikan kegiatan ekskul sangat baik jika dikembangkan, siswa/i memiliki keterampilan masing-masing karena setiap manusia pasti memiliki bakat yang terpendam,"ujar Nelva salah satu kandidat ketua Osim

TPS dilengkapi dengan bilik suara, kertas suara yang berisi gambar, nomor urut dan nama calon serta tinta celup sebagai tanda telah memilih.

Setelah semua siswa memberikan suara, kertas suara pun dihitung dan memenangkan Alfa Reza sebagai ketua Osim periode 2018/2019 dengan total suara 114 dibanding 23 dari kandidat satunya.

"Menurut saya model seperti ini bagus, karena negara kita juga setiap 5 tahun sekali mengadakan Pemilu. Saya yakin jika dibina sejak dini akan memberikan pembelajaran bagi kami para siswa untuk berdemokrasi,"ujarnya.

Wakil kepala MAN 1 Musirawas bidang Kurikulum, Imam Syafii, S.P mengungkapkan aktivitas pemilihan ketua osim yang digelar sebagaimana pemilu tersebut guna memberikan pemahaman dan pelajaran langsung kepada siswa tentang demokrasi.

"Di tahun yang akan datang mereka akan menjadi pemilih muda untuk pemilu-pemilu seperti kepala daerah maupun presiden. Untuk itu perlu dikenalkan bagaimana iklim demokrasi sejak dini pada mereka, agar dapat menggunakan hak suara dengan bijak nantinya,"ujarnya.

Semoga bagi ketua Osim baru Alfa Reza bisa berharap bisa mengembangkan tugas sebagai ketua osim sebaik-baiknya di masa jabatannya demi membangkitkan nama baik madrasah lebih baik lagi kedepannya.(Rel/Siti Hernika)

Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help