Ingin Lihat Gerhana Bulan ? Ini Situs Siaran Langsungnya serta Lokasi Pengamatan di Indonesia

Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhamad Sadly menjelaskan, Rangkaian fase-fase GBT dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia.

Ingin Lihat Gerhana Bulan ? Ini Situs Siaran Langsungnya serta Lokasi Pengamatan di Indonesia
Pixabay/voffka1966
Ilustrasi gerhana bulan. 

SRIPOKU.COM -- Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhamad Sadly menjelaskan, Rangkaian fase-fase GBT dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia.

Namun dengan catatan, semakin ke arah barat, pengamat akan memiliki kesempatan untuk mengamati keseluruhan fase-fasenya, mengingat gerhana masih berlangsung sebelum bulan terbenam.

Berdasarkan hal tersebut, lanjutnya, pengamat di wilayah Papua hanya dapat mengamati GBT dari awal gerhana hingga fase totalitas berlangsung mengingat saat gerhana sebagian setelah fase totalitas berlangsung, bulan terbenam.

Kemudian, kata Sadly, pengamat di wilayah Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi kecuali sebagian kecil di Sulawesi Selatan, NTT bagian timur, dan Kalimantan Utara bagian timur dapat mengamati GBT dari awal gerhana hingga fase gerhana sebagian berlangsung.

Ilustrasi gerhana bulan.
Ilustrasi gerhana bulan. (TRUEWILLASTROLOGY.COM)

"Sementara itu pengamat di wilayah NTT bagian Barat, NTB, Bali, sebagian besar Kalimantan kecuali sedikit di bagian timurnya, Jawa, Lampung, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, sebagian besar Jambi dan Riau, serta Bengkulu bagian selatan, dapat mengamati GBT dari awal gerhana hingga fase gerhana penumbra berlangsung," ujar Sadly.

Dikatakannya, seluruh fase gerhana GBT akan teramati dari Bengkulu bagian utara, Riau bagian barat, sebagian besar Sumatera Barat dan Sumatera Utara, serta Aceh.

"Mengingat peristiwa GBT 28 Juli 2018 merupakan peristiwa langka dan terkait tugas pokok BMKG, maka BMKG akan melakukan pengamatan GBT 28 Juli 2018 di lebih dari 20 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan disiarluaskan secara langsung melalui http://www.bmkg.go.id/gbt," ujar Sadly.

Masyarakat, kata dia, dapat mengakses laman resmi BMKG untuk mengikuti proses pengamatan secara langsung jika di daerahnya terhalang oleh kondisi cuaca yang tidak memungkinkan untuk pengamatan.

===

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul :

Penjelasan Lengkap BMKG Soal Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018

===

Baca: Fenomena Langka! Ini Keistimewaan Planet Mars saat Gerhana Bulan Total pada 28 Juli 2018

Baca: Tiga Pebalap Indonesia Berlaga di Eropa Akhir Pekan Ini

Baca: Tak Gentar Diincar Sniper, Ini Buku Rahasia Soeharto Sampai Pengawal pun Ikut Nekat

Baca: Ini Proses Terjadinya Gerhana Bulan Total yang akan Muncul Sabtu Dini Hari Nanti

Baca: Malam Ini Gerhana Bulan Planet Mars Terlihat Jelas & Fenomena Langka Ini Juga Terjadi

Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved