Ilmuwan Temukan Air Bawah Tanah di Planet Mars, Mungkinkah Ada Kehidupan?

Para peneliti dari Italia baru-baru ini mengklaim telah menemukan danau bawah tanah yang tidak beku di dekat kutub selatan planet itu.

Ilmuwan Temukan Air Bawah Tanah di Planet Mars, Mungkinkah Ada Kehidupan?
wikimedia.org
planet mars 

SRIPOKU.COM - Para peneliti dari Italia baru-baru ini mengklaim telah menemukan danau bawah tanah yang tidak beku di dekat kutub selatan planet itu.

Temuan spektakuler ini mengakhiri debat selama puluhan tahun tentang keberadaan air yang tidak membeku di Mars. Adanya air dalam bentuk cair ini adalah kondisi penting sebagai prasyarat kehidupan seperti di Bumi.

Berita Lainnya:
Peristiwa Langka, Muncul Penampakan Planet Mars Seperti Ini Saat Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018

Lokasinya...
Penelitian yang dipimpin oleh Roberto Orosei dari National Institute of Astrophysics di Bologna, Italia ini menemukan bahwa Mars memiliki danau sepanjang 20 kilometer yang terletak sekitar 1,5 kilometer di bawah permukaannya.

Sebenarnya, para astronom telah lama tahu bahwa miliaran tahun lalu, Mars memiliki sungai dan samudra yang cair. Temuan ini didasarkan pada pola yang mengalir di permukaan planet itu.

Penemuan yang lebih baru kemudian menegaskan keberadaan es di area kutub dan uap air di atmosfer tipis planet ini.

Modul Phoenix NASA juga mencatat adanya salju dan kemungkinan tetesan air yang jatuh pada 2008.

Ada juga petunjuk bahwa sejumlah kecil cairan dapat terbentuk sementara di sebuah lapisan tipis di bawah permukaan Mars.

Namun temuan terbaru kali ini didasarkan pada informasi radar yang dikumpulkan oleh misi Mars Express milik European Space Agency (ESA).

Data menunjukkan adanya sebuah wilayah dengan profil penandaan seragam di dekat kutub selatan Mars yang diklaim peneliti Italia sebagai danau tersembunyi.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved