Smartphone vs Daya Ingat Remaja, Studi: Tak Seburuk yang Dibayangkan

Penggunaan smartphone pada remaja selama satu tahun, bisa mempengaruhi otak akibat paparan radiasi dari ponsel saat menerima panggilan telepon.

Smartphone vs Daya Ingat Remaja, Studi: Tak Seburuk yang Dibayangkan
Infospesial
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM - Sebuah studi dari Enviromental Health Perspective mengungkapkan terdapat hubungan antara penggunaan smartphone dan penurunan daya ingat pada remaja.

Hasilnya cukup mengkhawatirkan tetapi tidak seburuk yang ditakutkan oleh para orang tua.

Berita Lainnya:
Cara Melatih Daya Ingat

Penelitian tersebut mengungkapkan, penggunaan smartphone pada remaja selama satu tahun, bisa mempengaruhi otak akibat paparan radiasi dari ponsel saat menerima panggilan telepon.

Sebanyak 700 remaja usia 12 hingga 17 tahun dilibatkan dalam penelitian itu. Mereka diberikan tes verbal dan figural atau tes gambar, setelah menjalani tes penggunaan samrtphone selama setahun.

Hasilnya, skor daya ingat figural (benda, gambar, wajah, produk) mereka rendah setelah terkontaminasi radiasi Radio Frequency Electromagnetic Radiation (RF-EMR). Radiasi tersebut dipancarkan oleh ponsel selama panggilan telepon berlangsung.

Peneliti menyebut jika pengguna ponsel tangan kanan lebih rentan menurun daya ingat figuralnya. Sebab, mereka biasanya menempatkan ponsel di telinga bagian kanan ketika mengangkat telepon. Sementara memori figural sebagian besar berada di bagian otak sebelah kanan.

"Hal ini menunjukkan jika penyerapan radiasi RF-EMF oleh otak memang bertanggungjawab atas hubungan (antara daya ingat dan penggunaan ponsel) yang diamati," jelas kepala Environmental Exposures and Health, Martin Röösli.

Sebaliknya, para peneliti justru tidak menemukan hubungan signifikan atau pola yang konsisten pada memori verbal.

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (26/7/2018), hasil penelitian ini hanya mempengaruhi perilaku penggunaan telepon langsung ke telinga tanpa perantara perangkat nirkabel.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved